Kini Samsung Produsen "Smartphone" Terbesar

Kompas.com - 30/10/2011, 21:28 WIB
EditorTri Wahono

SEOUL, KOMPAS.com — Kini Samsung telah mengukuhkan diri menjadi penjual ponsel terbesar di dunia. Pada kuartal terakhir, Samsung berhasil menjual ponsel lebih banyak ketimbang Apple dan Nokia.

Berdasarkan analisis Strategy Analytics, Samsung berhasil menjual sebanyak 27,8 juta unit telepon genggam dalam tiga bulan terakhir. Perusahaan yang berbasis di Suwon, Korea Selatan, ini berhasil menguasai 23,8 persen pangsa pasar ponsel di seluruh dunia.

Sementara pesaingnya, Apple, hanya menjual sebanyak 17,1 juta unit ponsel. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, AS, itu menduduki posisi kedua dalam penjualan ponsel di seluruh dunia. Adapun di posisi ketiga adalah Nokia.

"Penjualan Samsung naik karena desain yang elegan, pelayanan Android, berkesan submerek, dan distribusi global yang luas," kata Strategy Analitycs.

Pada kuartal terakhir, pasar penjualan ponsel meningkat 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 177 unit. Strategy Analitycs mengatakan, penjualan Nokia turun 14,4 persen dari pertumbuhan tahun lalu yang sebesar 32,7 persen. (Kontan/Edy Can)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.