Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jakarta Game Show" Gelar Produk Game Terbaru

Kompas.com - 03/11/2011, 21:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jakarta Game Show" (JGS) yang diselenggarakan pada 2-6 November di Jakarta Convention Center menawarkan berbagai "game" komputer keluaran terbaru yang sebagiannya merupakan produk dalam negeri.

General Manager Dyandra Promosindo, Bambang Setiawan  yang bekerja sama dengan Hotgame untuk menyelenggarakan JGS tersebut  di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa pameran ini ditujukan agar produsen game Indonesia mendapatkan wadah untuk memamerkan produk mereka.

"Kreativitas orang Indonesia tidak kalah dengan luar negeri tapi mereka masih belum punya wadah untuk memamerkan produk sehingga tidak ada yang membeli produk mereka," kata Bambang yang juga menyelenggarakan pameran komputer Indocomtech 2011.

Bambang menilai bahwa industri game bila digarap dengan serius akan menguntungkan khususnya jenis mobile game yang dapat dimainkan dari telepon seluler, namun membutuhkan dukungan dari pihak lain misalnya penyedia layanan telepon selular.

Adhit juga menilai bahwa industri game online dan game mobile punya potensi besar di Indonesia, apalagi masih banyak kasus pembajakan peranti lunak di Indonesia.

"Dengan game yang dimainkan secara online artinya tidak butuh peranti lunak khusus, produsen game, penyedia layanan internet dan para pemain game sendiri diuntungkan," kata Adhit.

Sedangkan Pemimpin Redaksi majalah Hotgame Adhityaswara Nuswandana yang juga menjadi penyelenggara acara tersebut, mengatakan, pemain game online di Indonesia menurut majalah Fortune berjumlah tujuh ribu orang.

"Sedangkan jumlah produsen game domestik ada 30 pada 2011 dibanding 5 produsen pada 2000, karena itu kami melihat perlu diadakan pameran game serius setiap tahun," katanya.       Selain peluncuran produk game terbaru, masih ada  beragam kompetisi game, kompetisi kostum yang meniru tokoh-tokoh dalam game, kontes foto, lomba dance dan kegiatan lain.

Terdapat sekitar 30 gerai  produsen game dalam dan luar negeri di JGS, yang terbagi ke dalam beberapa area yaitu area game console, game online, game arcade dan area exhibition.

Pengunjung, menurut Adhitya, dapat mencoba langsung produk terbaru dari berbagai produsen game misalnya konsol terbaru dari Play Station 3, Play Sation Move, Xbox 360 dan Kinect.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com