Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Janji Penataan Kanal 3G Segera Selesai

Kompas.com - 04/11/2011, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informasi(Menkominfo), Tifatul Sembiring berjanji akan segera  menyelesaikan  penataan kanal 3G antar operator telekomunikasi paling lambat akhir 2011.

"Kita akan segera selesaikan penataan kanal 3G, Insya Allah selesai akhir tahun (2011)," kata Tifatul Sembiring kepada pers di Jakarta, Selasa (2/11).

Penyelesaian penataan kanal 3G diharapkan bisa menghentikan  polemik  yang selama ini terjadi.

"Proses penataan kanal 3G terus berjalan dan harus dapat selesai," tegas Tifatul.

Ia mengatakan, sesuai dengan penataan yang dilakukan pemerintah maka Telkomsel harus pindah kanal. Setelah penataan 3G, pemerintah akan mulai  melakukan penataan kanal masing-masing operator telekomunikasi.

"Telkomsel harus patuh karena yang berwenang melakukan penataan adalah pemerintah, " tegasnya.

Mengenai biaya perpindahan kanal, menurut Tifatul tidak besar dan hal itu pernah dilakukan PT XL Axiata Tbk sebelumnya. "XL sudah pindah dan tidak besar biayanya," katanya.

Sementara itu, Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Nonot Harsono mengatakan, frekuensi 3G kurang baik pada saat awal penataan.

"Yang paling bersih dan siap dipakai saat itu yang ditempati Telkomsel dan Indosat saat ini. Itulah asal muasal kenapa alokasinya kok seperti ini sekarang," tuturnya.

Dikatakan Nonot, "microwave link" dibersihkan secara bertahap sampai akhirnya bersih semua seperti sekarang. Flexi-pun yang telanjur di situ harus pindah ke bawah,  lalu tinggal Smart yang tidak  kebagian tempat.

Setelah dirapikan karena ada permintaan tambah kanal, lanjut Nonot, maka tugas regulator menata  kembali. Itu juga sesuai dengan hasil rapat pleno BRTI  yang memutuskan memindah kanal ke-4 Telkomsel ke kanal ke-6 agar operator lain bisa menikmati penambahan kanal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com