Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Prosesor PC, Qualcomm Siap Bersaing Dengan Intel dan AMD

Kompas.com - 05/11/2011, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm yang selama ini dikenal sebagai produsen prosesor tablet dan ponsel pintar dikabarkan akan membuat prosesor untuk komputer desktop dan laptop. Jika benar, Qualcomm akan bersaing dengan Intel dan AMD yang lebih dulu memproduksi prosesor untuk PC.

Senior Vice President Qualcomm, Enrico Salvatory mengungkapkan akan berencana membuat prosesor untuk laptop dan komputer desktop. Namun belum jelas kapan rencana tersebut akan diwujudkan.

"Kemungkinan kami akan meluncurkan laptop ultraportable memakai sistem Windows 8, paling lambat 2012," ujar Salvatori yang dikutip Neowin.net, Sabtu (5/11/2011).

Qualcomm selama ini membuat prosesor berbasiskan ARM. NVIDIA juga membuat prosesor pada ponsel pintar dan tablet yang didesain oleh ARM dan mereka merencanakan akan akan menyediakan prosesor untuk komputer desktop dan laptop.

Kendati demikian, Salvatory menyatakan agar Intel dan AMD tidak perlu khawatir atas rencana Qualcomm. Salvatory menganggap kompetisi dalam bisnis adalah sesuatu yang bagus. Hal itu justru akan membuat perusahaan makin berinovasi dalam membuat produk.

"Jika kami benar-benar membuat prosesor untuk PC dan desktop, kami harap Intel dan AMD akan terus mengeluarkan prosesornya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com