Aplikasi Android Bantu Siswa Belajar

Kompas.com - 10/11/2011, 10:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar tidak hanya dapat dilakukan dengan membaca buku. Kini dengan aplikasi berbasis teknologi digital, siswa dapat belajar melalui ponsel ataupun tablet.

Salah satu aplikasi mobile lokal yang sedang dikembangkan adalah Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS). Aplikasi tersebut berisi video pembelajaran, video pencerahan, MP3 pembelajaran, simulasi, ebook, teori singkat, arsip soal (UN, SNMPTN dan tes PTN lainnya), latihan try out atau soal, pengenalan jurusan PTN hingga aplikasi untuk bahan ajaran siswa SMA secara interaktif.

Namun untuk sementara, aplikasi ini baru bisa berjalan di smartphone Android seri 2.2 Froyo ke atas. Tahap awal, aplikasi mobile ini akan diuji coba di SMA Alfa Centauri Bandung. Di SMA Alfa Centauri, direncanakan untuk ajaran 2012/2013 setiap siswa akan menggunakan Tablet PC berbasis Android yang sudah dilengkapi dengan S2DLS.

Sebelumnya, aplikasi S2DLS ini sudah ada versi dekstop dan sudah digunakan oleh siswa LBB Sony Sugema College dan SMA Alfa Centauri, dan terbukti sangat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran.

Model pembelajaran secara digital diharapkan bisa mendorong siswa belajar mandiri dan mendalami materi dari mana saja dan kapan saja. Evaluasi belajar pun bisa dilakukan secara online sehingga tidak memboroskan kertas seperti sistem pembelajaran saat ini.

Tidak hanya memudahkan siswa, bagi guru pun juga akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru akan dikembalikan fungsinya sebagai pendidik yang menemani siswanya tanpa harus menjelaskan materi panjang lebar di depan kelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.