Android Kuasai Pasar Smartphone Dunia

Kompas.com - 17/11/2011, 10:11 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Android kini memimpin pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar dunia mengalahkan sistem operasi lainnya, baik Apple iOS, Symbian, dan Blackberry OS yang justru malah anjlok.

Lembaga riset Gartner merilis pangsa pasar Android naik menjadi 52 persen di kuartal III-2011 dari 25,3 persen di kuartal III-2010. Jika dikaitkan dengan penjualan smartphone dunia, ini berarti hampir mengalahkan penjualan ponsel pintar dunia yang sudah melebihi 60 juta unit.

Posisi kedua diambil Symbian yang malah anjlok dari 20 persen di tahun lalu menjadi hanya 16,9 persen di tahun ini. Sistem operasi tersebut memang sudah diramalkan bakal anjlok peminatnya sejak tahun lalu. Apple iOS juga mengalami penurunan pangsa pasar menjadi hanya 15 persen, setara dengan penjualan 17 juta unit ponsel pintarnya. Padahal tahun lalu, Apple iOS masih menggenggam 16,6 persen pangsa pasar.

"Penurunan pangsa pasar Apple iOS tersebut disebabkan karena konsumen banyak menanti kedatangan iPhone 4S," ujar Roberta Cozza, analis riset Gartner seperti dikutip Techradar, Rabu (16/11/2011).

Begitu juga dengan Research in Motion (RIM) selaku produsen Blackberry yang mengalami penurunan pangsa pasar Blackberry OS menjadi hanya 11 persen, dari sebelumnya 15,4 persen.

"Penurunan pangsa pasar Blackberry ini disebabkan karena penjualan Blackberry malah anjlok di pasar Amerika Serikat, yaitu 10 persen," tambahnya.

Sedangkan sistem operasi mobile Microsoft hanya memiliki pangsa pasar 1,5 persen. Cozza menduga sistem operasi ini bakal diketahui dampak kenaikan pangsa pasarnya di tahun depan. Hal itu setelah ada kerjasama khusus antara pihak Microsoft dengan Nokia.

"Minggu ini akan mulai diluncurkan Nokia Lumia 800 yang memakai Windows Phone 7 Mango. Tahun depan bakal diketahui dampak kenaikan pangsa pasarnya," jelasnya.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X