Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flash untuk Ice Cream Sandwich Tunggu Akhir Tahun

Kompas.com - 22/11/2011, 07:57 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi termutakhir dari Google, Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich untuk sementara ini tidak akan mendukung Flash. Dukungan pada Flash baru akan hadir di akhir tahun.

"Flash tidak dirilis untuk Ice Cream Sandwich sejauh ini, tapi Adobe akan mendukung Flash untuk sistem operasi paling baru tersebut," ungkap Google dalam keterangan persnya.

Versi terakhir dari Flash untuk perangkat mobile akan dihadirkan di Ice Cream Sandwich. Tampaknya, sistem operasi Android 4.0 akan menjadi sistem operasi terakhir yang didukung Adobe secara resmi.

Versi terakhir Flash Player untuk mobile adalah Flash Player 11.1. Setelah versi yang akan datang itu, Adobe memutuskan tak akan lagi membuat Flash Player di mobile.

Selama ini kemampuan Flash sering jadi fitur yang diunggulkan produsen tablet berbasis Android. Namun semua gadget Apple, iPhone hingga iPad, tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML5. Kini, Adobe seakan-akan mengikuti kemauan Apple yang mendukung HTML5.

Meski Adobe tak akan menghadirkan Flash versi baru di perangkat mobile, bukan berarti semua gadget Android tak akan mendukung konten Flash. Ini hanya berarti Flash yang ada di perangkat mobile akan 'berhenti' di versi 11.1 itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com