Flash untuk Ice Cream Sandwich Tunggu Akhir Tahun

Kompas.com - 22/11/2011, 07:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sistem operasi termutakhir dari Google, Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich untuk sementara ini tidak akan mendukung Flash. Dukungan pada Flash baru akan hadir di akhir tahun.

"Flash tidak dirilis untuk Ice Cream Sandwich sejauh ini, tapi Adobe akan mendukung Flash untuk sistem operasi paling baru tersebut," ungkap Google dalam keterangan persnya.

Versi terakhir dari Flash untuk perangkat mobile akan dihadirkan di Ice Cream Sandwich. Tampaknya, sistem operasi Android 4.0 akan menjadi sistem operasi terakhir yang didukung Adobe secara resmi.

Versi terakhir Flash Player untuk mobile adalah Flash Player 11.1. Setelah versi yang akan datang itu, Adobe memutuskan tak akan lagi membuat Flash Player di mobile.

Selama ini kemampuan Flash sering jadi fitur yang diunggulkan produsen tablet berbasis Android. Namun semua gadget Apple, iPhone hingga iPad, tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML5. Kini, Adobe seakan-akan mengikuti kemauan Apple yang mendukung HTML5.

Meski Adobe tak akan menghadirkan Flash versi baru di perangkat mobile, bukan berarti semua gadget Android tak akan mendukung konten Flash. Ini hanya berarti Flash yang ada di perangkat mobile akan 'berhenti' di versi 11.1 itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.