Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Turun, HP Siap Kembali ke Pasar Tablet

Kompas.com - 22/11/2011, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Meg Whitman, Presiden dan Chief Executive Office Hewlett Packard (HP) menyampaikan adanya penuruan laba bersih sebesar 91 persen. Penurunan ini membuat HP harus melakukan pembangunan kembali di berbagai sektor dan harus memiliki fokus bisnis yang tepat.

Salah satu yang akan dilakukan, HP yakin untuk kembali masuk ke pasar tablet. "HP akan kembali memasuki pasar tablet sekitar pertengahan 2012 dengan produk yang menggunakan sistem operasi Microsoft," ungkap Whitman.

HP melaporkan bahwa laba bersih pada kuartal keempat turun menjadi 200 juta dollar AS dari 2,5 miliar dollar AS; atau menjadi 12 sen per lembar saham dari 1,10 dollar AS per lembar saham pada kuartal yang sama di 2010. Selain dari penjualan komputer, pendapatan dari bisnis server dan notebook juga menurun.

Meski akan memasuki pasar tablet, HP berjanji akan tetap mengembangkan bisnis lain seperti produksi PC, server, printer, dan perangkat lunak. Untuk kalangan enterprise, HP akan menyediakan layanan data manajemen untuk perusahaan.

HP memang mengalami permasalahan dengan manajemen dan keuangan perusahaan selama 16 bulan terakhir. Pada pertengahan September 2011, Whitman mengambil alih posisi CEO HP dari Leo Apotheker yang sebelumnya menggantikan Mark Hurd.

Di masa Apotheker, HP tercatat gagal memasuki pasar tablet melalui TouchPad yang menggunakan sistem operasi WebOS. Apotheker juga sempat mengumumkan keinginannya untuk menjual atau memisahkan unit bisnis PC dari unit lain di HP.

Sebaliknya, Whitman justru bertekad untuk menjalankan HP sebagai satu unit bisnis yang kuat dan bukan seakan-akan perusahaan yang terpecah-pecah."Saya merasa senang dengan portofolio yang kami miliki, saya yakin kami bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com