Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Kaspersky untuk Batasi "Gerak" Karyawan

Kompas.com - 23/11/2011, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Produsen antivirus asal Rusia, Kaspersky, Rabu (23/11/2011), merilis produk terbaru yang dikhususkan bagi perusahaan/korporasi. Produk keamanan komputer yang saling terintegrasi ini adalah Kaspersky Endpoint Security 8 for Windows dan Kaspersky Security Center 9.

Dua produk ini memberikan perlindungan terpadu dan menyediakan konsol manajemen yang menyeluruh yang didesain untuk menjaga bisnis terhadap ancaman, termasuk yang berasal dari perangkat yang dibawa karyawan sehari-hari.

"Karyawan adalah pengguna perangkat bergerak individu. Mereka rata-rata menggunakan smartphone dan tablet. Meskipun semua itu adalah perangkat individu, mereka sering berbagi file dengan komputer kantor melalui kabel data. Ini berbahaya bagi perusahaan," ungkap Gun Suk Ling, Director of Corporate Sales Kaspersky Lab APAC, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, menurut Gun Suk Ling, perlindungan infrastruktur perusahaan menjadi prioritas yang harus dilakukan. Kebijakan keamanan harus diterapkan, terutama mencakup pengawasan terhadap program yang digunakan, aktivitas jaringan, dan perangkat eksternal.

Dua produk yang dikeluarkan oleh Kaspersky adalah satu paket yang terintegrasi. Kaspersky Endpoint Security 8 for Windows adalah antivirus yang dipasang di semua komputer karyawan/pengguna dan masing-masing berlisensi.

"Sementara itu, Kaspersky Security Center 9 adalah antivirus yang dipasang pada server dan mengontrol semua komputer yang sudah install Endpoint Security8. Antivirus ini tidak membutuhkan lisensi," ungkap Dony Koesmandarin, Business Development Manager Kaspersky, saat ditemui Kompas.com.

Dony menambahkan, Kaspersky Endpoint 8 bisa di-install ke ribuan komputer dan terintegrasi dengan satu Kaspersky Security Center di satu komputer sentral. "Namun, ini tergantung kebutuhan perusahaan juga," tutupnya.

Pengawasan terhadap program yang digunakan

Pengawasan terhadap program yang digunakan dapat dilakukan dengan menggunakan salah stau fitur dari Kaspersky Endpoint Security 8 for Windows, yakni Application Control dan Whitelisting. Fitur ini mengizinkan atau mampu memblokir aplikasi tertentu (atau kategori aplikasi).

Fitur ini juga dapat memantau dan membatasi aktivitas aplikasi tertentu menggunakan Application Privilage Control. Selain itu, fitur ini mampu memantau dan memprioritaskan keamanan aplikasi menggunakan Application Vulnerability Monitor yang membantu administrator TI mendapatkan laporan tersentralisasi tentang perangkat lunak berbahaya yang ter-install di komputer perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com