Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Rahasia Kualitas Suara HTC Sensation XE?

Kompas.com - 24/11/2011, 17:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - HTC Sensation XE menjanjikan kualitas suara yang lebih 'nendang' dengan kemampuan BeatsAudio-nya. Hal ini diperoleh melalui kombinasi earphone BeatsAudio dan teknologi di dalamnya.

Saat HTC Sensation XE diperkenalkan dalam event di Gran Melia, Jakarta, KOMPAS.com dan media yang hadir berkesempatan untuk mencoba langsung kemampuan audio perangkat tersebut. Harus diakui ada sensasi yang berbeda dibandingkan smartphone pada umumnya. Sensasi yang paling nyata adalah dentuman bass-nya yang lebih 'utuh'.

Di satu sisi, memang aksesori earphone dari BeatsAudio terkenal dengan dentuman bass yang lebih menonjol. Namun, Agus Sugiharto, Country Manager HTC Indonesia, mengatakan bukan cuma itu rahasianya.

"Saat Anda memasang earphone BeatsAudio ke Sensation XE, akan tampak logo Beats di layar. Suara yang dihasilkan berbeda dengan saat menggunakan earphone lain ataupun jika memakai earphone Beats di smartphone lain," ujarnya.

Perbedaan itu muncul berkat digital signal processing yang terdapat di dalam perangkat tersebut. Chipset audio yang digunakan HTC untuk perangkat ini rupanya telah diatur sedemikian rupa melalui kerjasama erat dengan BeatsAudio.

Setelan khas dari sisi hardware itu membuatnya jadi klop dengan spesifikasi di earphone Beats. Setelan ini bisa dinyalakan atau dimatikan lewat pengaturan di ponsel.  Saat mencoba perangkat ini dengan BeatsAudio dimatikan, memang terdengar perbedaan dentuman bass-nya.

Setelah tahu rahasianya ada di pengaturan pada chip tersebut, pertanyaan yang muncul adalah: bisakah kemampuan ini dirasakan di perangkat lain?

Teorinya, hal itu bisa saja dilakukan bila ada yang 'membongkar' ROM HTC Sensation XE. Dari ROM itu mungkin bisa ditemukan bagian khusus yang mengatur setelan untuk chip audio HTC. Bukan tidak mungkin akan muncul Custom ROM berkemampuan tersebut untuk perangkat HTC lain yang chipset audio-nya sama.

HTC Sensation XE mulai tersedia di pasaran Indonesia awal Desember 2011. Perangkat ini dijual pada kisaran Rp 5,999 juta dan tersedia pula dalam bundling dengan XL Axiata. Sebuah earphone BeatsAudio tipe earbud juga dimasukkan dalam paket penjualannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com