IdeaPad U300s

Ultrabook Lenovo Tak Ingin Sekadar Adu Tipis

Kompas.com - 30/11/2011, 16:54 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo memasuki pasar ultrabook dengan menghadirkan IdeaPad U300s. Tak ingin disebut latah meniru MacBook Air, Lenovo memilih untuk tidak beradu tipis tetapi lebih menonjolkan pada aspek desain dan performa.

"Kami memiliki segmen tersendiri yaitu menyasar segmen premium yang lebih menekankan ultra mobility. Tapi kami juga menekankan desain eksklusif dan performa yang lebih mumpuni," ungkap Product and Business Development Manager Lenovo Indonesia Cung Cien di Jakarta, Rabu (30/11/2011).

Jika Macbook Air terkenal karena ketipisannya, Lenovo malah membuat dengan lebih tebal yaitu 14,9 mm, nyaris di bawah standar Ultrabook dari Intel di level 15 mm. Meski demikian, ultrabook ini lebih tipis dibanding Toshiba Portege Z830 di level 15,99 mm, namun masih kalah dibanding Acer Aspire S3 dengan 13 mm dan Asus Zen Book yang hanya 9 mm.

Beratnya hanya 1,32 kg, lebih berat bila dibanding Asus Zenbook 1,29 kg dan Toshiba Portege Z830 yang sudah 1,12 kg.

Yang membedakan adalah Ultrabook ini dilengkapi dengan fitur anti maling dengan adanya antitheft protection pada BIOS-nya. Sehingga laptop bisa dilacak saat hilang atau dicuri, bisa terlacak saat mulai terkoneksi dengan Internet.

Selain itu, agar laptop tidak panas, IdeaPad ini sudah dilengkapi double fan dengan lubang ventilasi di sisi kiri laptop. Selain itu, terdapat lubang ventilasi kecil di antara keyboard dan layar. Lebih canggih lagi, di setiap celah keyboard juga ada lubang ventilasi untuk mengeluarkan panas. Sehingga saat laptop dipangku tidak akan terasa panas.

Keyboard dan TouchPad
Jajaran keyboard mengadopsi chicklet-style sehingga terkesan nyaman bila dipakai mengetik. Sayangnya, tombol Shift dan Backspace dibuat dengan ukuran dan letak berbeda, sehingga akan menyulitkan bagi yang terbiasa dengan keyboard standar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan touchpad-nya yang berukuran 4,1 x 2,8 inci menggunakan teknologi Synaptic Clickpad. Pada piranti ini pengguna dapat melakukan pinch to zoom dengan cepat dan akurat. Lenovo juga menambahkan beberapa gerakan khusus, dengan menggerakan empat jari ke kanan dapat menampilkan Notepad, empat jari ke kiri menampilkan galeri gambar yang dapat juga untuk mengubah Wallpaper, dan empat jari ke atas memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan cepat.

Layar
Ultrabook perdana Lenovo ini memakai layar 13,3 inci dengan resolusi1.366 x 768 piksel.

Desain
Tidak seperti seri IdeaPad lainnya, Lenovo membenamkan saluran udara di sisi kiri keyboard. Urusan konektivitas, sisi kanan terdapat port HDMI, headphone jack, konektor charging dan port USB 3.0, port USB 2.0 ada di sebelah kiri. Sayang tidak ada slot untuk membaca kartu memori, port VGA dan LAN.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.