Alibaba Galang Kekuatan untuk Beli Yahoo

Kompas.com - 01/12/2011, 08:10 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Alibaba adalah rekanan Yahoo di China. Sebanyak 40 persen sahamnya masih dimiliki oleh Yahoo. Namun saat ini, perusahaan tersebut dikabarkan sedang bersiap untuk membeli saham Yahoo. Bukan hanya yang di China, tapi juga di seluruh dunia.

Kabar itu disampaikan Bloomberg yang mengutip beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya. Alibaba dikatakan menggandeng Blackstone Group, Softbank dan Bain Capital.

Di sisi lain, beberapa kelompok telah mengajukan pembelian sebagian saham Yahoo. Ini termasuk Silver Lake dan TPG Capital.

Apa yang digalang Alibaba tidak sama dengan Silver Lake atau TPG Capital yang hanya mengincar saham minoritas. Alibaba dikatakan sedang bersiap mengakuisisi keseluruhan Yahoo.

Skenarionya, setelah dibeli, Alibaba dkk akan membagi-bagi hasil pembelian itu. Alibaba akan mendapatkan kembali seluruh sahamnya, Softbank akan mengambil alih saham di Yahoo Japan, sedankan Blackstone dan Bain akan mengambil alih Yahoo Amerika Serikat.

Jack Ma, CEO Alibaba, sejak Oktober 2011 telah menyampaikan keinginannya membeli Yahoo. Ia juga telah lama ingin membeli balik saham Yahoo di Alibaba.

Jika kabar ini benar, pertanyaan berikutnya adalah: berapa besar harga yang diajukan? Dan, yang lebih penting, apakah Yahoo mau diakuisisi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.