Mana yang Lebih Aman, Android atau iOS?

Kompas.com - 05/12/2011, 14:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — McAfee merilis survei yang menunjukkan bahwa Apple iOS dinilai lebih aman dibandingkan Android. Tetapi, tidak ada perangkat mobile apa pun yang aman dari risiko, termasuk dari serangan aplikasi berbahaya (malware).

Mengutip CNet, Android dinilai paling rentan terhadap malware dengan nilai sekitar 63 persen, disusul Java ME 20 persen, Symbian 7 persen, BlackBerry OS 6 persen, dan lain-lain 4 persen.

Apple iOS dinilai paling aman dari serangan malware karena pihak Apple membatasi pengguna untuk mengunduh aplikasi di App Store. Sebaliknya, Google mendistribusikan sistem operasi Android dengan platform terbuka.

Hal itu dimaksudkan agar pengguna bisa mengunduh dan mengunggah aplikasi secara mudah. Tapi risikonya, Android Market akan rawan terhadap serangan. Seperti yang terjadi Maret lalu, Android diserang oleh malware DroidDream. Google terpaksa harus menyingkirkan 58 aplikasi yang terinfeksi malware tersebut.

McAfee melihat ada pendekatan berbeda antara Apple dan Google dalam membasmi malware. Jika Apple lebih proaktif dan fokus ke pencegahan malware, Google lebih membuka sistem operasinya karena menginginkan ada banyak aplikasi baru yang dapat diciptakan dan diunduh oleh pengguna.

Namun, McAfee juga mengingatkan kepada pengguna perangkat digital agar tetap waspada saat menggunakan perangkatnya, terutama saat menghubungkan perangkat mobile dengan PC yang kemungkinan sama-sama terinfeksi malware.

Apalagi, tidak semua vendor antivirus mampu mengenali virus-virus atau aplikasi malware baru yang terus diciptakan untuk merusak sistem perangkat mobile atau PC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.