Hub, Aplikasi "Chat" Mirip BBM dari Yahoo

Kompas.com - 06/12/2011, 08:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Meski sudah punya Yahoo Messenger yang sangat populer tak menghalangi Yahoo untuk membuat aplikasi instant messaging lain. Aplikasi chat baru tersebut adalah Hub, yang tampilannya mirip BlackBerry Messenger besutan Research In Motion (RIM).

Sebagai sebuah aplikasi untuk ngobrol, pengguna Hub dapat saling berkirim pesan dengan pengguna Hub lain di seluruh dunia dengan gratis. Yang istimewa dari Hub adalah pengguna Hub tetap dapat mengirim pesan kepada rekannya yang tidak menggunakan atau meng-install aplikasi Hub di telepon pintarnya.

Syaratnya, nomor telepon orang yang dituju sudah tersimpan di daftar kontak (phonebook). Si penerima pesan pun dapat membalas pesan tersebut lewat layanan SMS, tetapi dikenai biaya oleh operator.

Fitur 'balas pesan' via SMS ini nantinya hanya bisa untuk pengguna Hub di Kanada, Indonesia, India, Kuwait, Malaysia, Filipina, Pakistan, Thailand, Amerika Serikat dan Vietnam.

Fitur Hub lainnya meliputi group messaging, mampu melihat dan menambahkan partisipan ke dalam thread, berbagi daftar kontak, serta notifikasi.

Untuk sementara, aplikasi Hub yang masih berstatus Beta ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel pintar Android 2.1 Eclair atau versi di atasnya. Sayangnya, saat ini aplikasi Hub hanya bisa digunakan oleh pengguna di Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.