Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Janjikan "Smartphone" Atom di 2012

Kompas.com - 06/12/2011, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Intel kembali menyatakan keyakinannya bahwa akan hadir smartphone berbasis prosesor Intel Atom. Di 2012, ponsel dengan Atom ini akan rilis. Namun Intel belum memastikan kapan persisnya.

Berbicara dalam Intel Cloud Summit, R. Ravichandran, Direktur Pemasaran Intel untuk India dan Asia Selatan mengatakan bahwa saat ini TV, Ultrabook dan tablet telah menggunakan prosesor Intel. "Tahun depan, Anda bisa melihat smartphone perdana dengan Intel Atom," ujarnya.

Tablet yang menggunakan prosesor Atom sudah dijual oleh 35 perusahaan. Selama ini, perangkat itu memakai sistem operasi Windows 7 atau Meego.

Dengan hadirnya Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich, diharapkan tablet dengan prosesor Intel juga akan memakai sistem operasi Android. Android 4.0 untuk platform x86 (prosesor Intel dan AMD) tersedia lewat android-x86.org.

Atom pertama yang dirancang untuk penggunaan pada smartphone dan tablet memiliki nama kode Moorestown. Resminya, chip yang diperkenalkan pertengahan 2010 itu bernama Atom Z600.

Berikutnya, Intel akan menghadirkan Atom dengan nama kode Medfield. Saat ini Medfield diklaim sudah bisa digunakan untuk sistem operasi Android 4.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com