Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Khawatirkan Masalah Spektrum 3G di Indonesia

Kompas.com - 07/12/2011, 18:50 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Untuk ekspansi di Indonesia, produsen chip ternama Qualcomm ternyata juga menunggu nasib spektrum ketiga yang sedang jadi pembahasan ramai di kalangan operator.

"Masalah ini memberi dampak bagi semua pihak, baik operator, pengembang perangkat, hingga masyarakat pengguna mobile broadband. Indonesia memiliki sepuluh operator yang terlalu banyak menurut saya. Operator harus melakukan konsolidasi agar pengaturan spektrum bisa bisa segera terselesaikan," ungkap Raj Talluri, Vice President of Product Management Qualcomm CDMA technologies (QCT), dalam webcast di Hotel InterContinental, Jakarta, Selasa (6/12/2011).

Raj, yang nampak fasih seputar permasalahan spektrum 3G di Indonesia, berharap operator telekomunikasi bisa melakukan konsolidasi. Ini dilakukan agar kisruh soal spektrum tak jadi berkepanjangan.

Di acara yang sama, Raj sempat membahas mengenai fenomena penggunaan mobile phone dan mobile internet. Mengutip analisa Wireless Inteligence, pada 2014 75 persen koneksi broadband akan berasal dari ponsel.

Kemudian, lanjut Raj, data Wireless Intelligence Oktober 2011 menyebutkan ada sebanyak 1, 4 miliar koneksi 3G yang akan tumbuh di seluruh dunia. Bahkan prediksi Qualcomm menunjukkan, pertumbuhan koneksi 3G akan meningkat 405 persen dari 2010 hingga 2015.

Qualcomm sebagai produsen chip untuk ponsel pintar menargetkan penjualan 600 juta perangkat hingga tahun 2015 di seluruh dunia. Selain itu, Qualcomm juga akan fokus kepada industri mobile broadband karena berdasarkan riset mereka, 58 persen pengguna ponsel adalah pengguna mobile broadband.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.