Pencipta Super Mario Bros Berhenti Bikin Game?

Kompas.com - 10/12/2011, 15:07 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beredar rumor bahwa Shigeru Miyamoto, si jenius pencipta game legendaris Super Mario Bros akan pensiun. Miyamoto dikenal sebagai pengembang game paling berpengaruh dan kreatif di dunia.

Tanda-tanda Nintendo akan kehilangan Miyamoto tentu menjadi pukulan telak bagi perusahaan yang mendominasi industri game selama bertahun-tahun dengan konsol Nintendo Wii dan konsol genggam Nintendo DS. Kabar itu pun ramai dibicarakan di Twitter.

Rumor itu dibantah oleh Nintendo dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Kompas Tekno dari Reuters. "Itu tidak benar. Dia tidak berniat mengundurkan diri. Sepertinya ada kesalahpahaman. Mohon jangan khawatir," ujar juru bicara Nintendo.

Menurut juru bicara itu, Miyamoto sudah berniat untuk melatih generasi muda agar menjadi pengembang game yang hebat.

Namun, menurut Miyamoto, dirinya sudah mengeluarkan pernyataan bahwa ia akan pensiun. "Di kantor, saya sudah mengumumkan: Aku akan pensiun, aku akan pensiun," ujarnya.

Miyamoto mengegaskan tidak akan pensiun dari dunia pengembang game. Miyamoto hanya akan pensiun dari posisinya saat ini. "Saya tidak mengatakan bahwa saya akan pensiun dari dunia pengembang game. Saya akan pensiun dari posisi saya saat ini," terang Miyamoto.

Miyamoto mendorong kesuksesan Nintendo yang mulai dikenal di dunia atas video game Donkey Kong pada 1981. Selain Super Mario Bros, Miyamoto juga sukses membuat game Legend of Zelda: Skyword Sword.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.