Huawei Punya Layanan "Awan" Mirip iCloud

Kompas.com - 15/12/2011, 16:19 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Huawei akan meluncurkan layanan cloud untuk ponsel pintar (smartphone) pada tahun depan. Dengan layanan cloud itu, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyimpan data, berbagi konten, dan aplikasi hingga menemukan ponselnya yang hilang.

Senior Product Manager Huawei Indonesia Legi Soegianto menjelaskan Huawei Cloud ini masih dalam versi Beta dan masih dalam tahap uji coba. "Rencananya akan kita keluarkan di kuartal I-2012," kata Legi di Jakarta, Kamis (15/12/2011).

Untuk sementara, Huawei Cloud ini hanya akan tersedia untuk smartphone Huawei. Saat ini, sudah bisa digunakan di ponsel seri Huawei Honor atau smartphone Huawei ke depan. Namun ke depannya, tidak menutup kemungkinan akan bisa digunakan di piranti tablet Huawei.

"Tim riset dan pengembangan Huawei yang membuat cloud ini. Nantinya tiap pengguna bisa mendapatkan kapasitas cloud hingga 160 GB," jelasnya.

Untuk sementara, Huawei Cloud bisa diperoleh di Huawei Apps. Namun, tak menutup kemungkinan akan diunggah ke Android Market. Untuk pemakaiannya, Huawei Cloud ini gratis, tetapi pengaksesan datanya masih tergantung jaringan operator.

Saat ponsel hilang, pengguna bisa mengakses www.hicloud.com. Selama ponsel dalam keadaan hidup dan tidak terkena reset, maka pengguna bisa mengakses Huawei Cloud.

Nantinya, dalam Google Earth yang ada di aplikasi Cloud tersebut akan terlihat posisi ponselnya. Selain itu, ponsel yang hilang ini juga akan dapat mengeluarkan bunyi seperti alarm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layanan cloud yang dimiliki Huawei ini mirip dengan yang dimiliki oleh Apple untuk digunakan di piranti iPhone dan iPad yaitu iCloud. Beberapa waktu yang lalu, fitur iCloud ini berhasil membantu Agung menemukan iPhone-nya yang diambil pencuri dari rumahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.