Chairman Google: Steve Jobs adalah Michelangelo Era Digital

Kompas.com - 22/12/2011, 14:05 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - "Steve Jobs adalah Michelangelo di era digital," kata Chairman Google Eric Schimdt. Demikian pernyataan Schmidt pada media berbahasa Italia, Corriere della Sera.

Apa alasan Schmidt menganalogikan Jobs seperti Michaelangelo Buonarroti? Michelangelo adalah seniman besar di era renaisans (abad 15 - 16 M di Eropa). Michaelangelo memilik sifat perfeksionis, memperhitungkan detail sampai bagian terkecil di setiap karyanya. Kejelian inilah yang membuat Michaelangelo dihormati.

Perfeksionisme itu juga terjadi pada Steve Jobs. Walter Isaacson, penulis buku biografi Steve Jobs, menggambarkan Jobs sebagai sosok jenius dan perfeksionis, yang selalu memperhatikan detail dan bagian terkecil produk Apple. Kedua sifat itu dibuktikan Jobs dalam proses penciptaan iPod, iPhone, dan iPad.

Karena itulah, Schmidt mengakui Jobs sebagai sosok jenius dan revolusioner. Jobs mampu menggabungkan kreativitas dengan kemampuan teknis yang luar biasa. "Kadang Anda menemukan orang yang memiliki pemikiran sama satu sama lain. Tapi tidak bagi Jobs. Dia menyadari potensi revolusioner pada tablet dan menciptakan sebuah produk yang luar biasa bernama iPad," ungkap Schmidt.

Pujian Schimdt kepada Jobs tidak sampai di situ. Schimdt juga mengatakan, Jobs selalu menawarkan kompetisi yang brutal antara Google dan Apple di pasar komunikasi mobile dan smartphone.

Untuk membuat persaingan ini semakin memanas, lanjut Schmidt, Google telah merencanakan untuk menciptakan tablet berkualitas tertinggi. "Anda akan kembali melihat persaingan yang brutal antara Apple dan Google," kata Schimdt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.