Twitter Salah Verifikasi Akun Istri Rupert Murdoch

Kompas.com - 05/01/2012, 08:11 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rupert Murdoch, CEO News Corp, yang membuka akun Twitter tanggal 31 Desember 2011, langsung dibanjiri "follower". Tak hanya dirinya, akun Twitter istrinya yang dibuat beberapa hari kemudian, juga kebanjiran follower.

Namun, banyak yang meragukan keaslian akun @Wendi_Deng tersebut meski Twitter telah memberikan verifikasi bahwa akun tersebut asli. Akun twitter @Wendi_Deng memang mencurigakan.

Pasalnya, akun tersebut menulis tweet  yang menggoda artis Gervais dan Kim Kardashian. Pemilik akun tersebut juga menggoda akun milik "suaminya", Rupert Murdoch (@rupertmurdoch). Pemilik akun tersebut membuat percakapan yang seolah-olah asli, dengan masuk ke lingkungan orang-orang terdekat Rupert Murdoch dan melakukan komunikasi lewat Twitter. Namun, kejanggalan demi kejanggalan terus terlihat.

Reporter Guardian News kemudian mengadakan investigasi dan mengirimkan e-mail kepada pemilik akun. Si pemilik akun kemudian mengaku, bahwa dirinya adalah seorang pria berkebangsaan Inggris yang menetap di London dan hanya iseng membuat akun palsu istri Rupert Murdoch untuk alasan senang-senang.

"Ketika akun tersebut diverifikasi oleh Twitter sebagai akun asli, saya benar-benar terkejut dan gugup juga. Saya tidak percaya akun itu akan diverifikasi dengan badge check list berwarna biru tanpa memeriksa keaslian terlebih dahulu," ujar lelaki tersebut.

Juru bicara perusahaan milik Rupert Murdoch mengakui bahwa mereka menerima banyak e-mail yang mempertanyakan keaslian akun Twitter milik istri Rupert Murdoch. Pihak News International mengkonfirmasi bahwa akun istri Rupert Murdoch tersebut memang palsu, sedangkan akun milik suaminya, Rupert Murdoch adalah asli.

Twitter juga telah memberikan pernyataan bahwa akun tersebut palsu dan Twitter melakukan kesalahan dalam verifikasi. "Kami tidak akan berkomentar tentang proses verifikasi tapi kami akan memberi konfirmasi bahwa akun @wendi_deng telah salah diverifikasi sebagai akun asli. Kami meminta maaf atas kebingungan yang terjadi," ujar Twitter dalam pernyataan tersebut.

Hingga kini akun tersebut masih aktif dan masih ada aktivitas tweet di sana. Namun, pihak Twitter mencantumkan keterangan, Verifiably not @rupertmurdoch's wife. Unless you're Twitter. Or News International. SPOOF ACCOUNT pada profil akun Twitter tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.