Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Salah Verifikasi Akun Istri Rupert Murdoch

Kompas.com - 05/01/2012, 08:11 WIB

KOMPAS.com - Rupert Murdoch, CEO News Corp, yang membuka akun Twitter tanggal 31 Desember 2011, langsung dibanjiri "follower". Tak hanya dirinya, akun Twitter istrinya yang dibuat beberapa hari kemudian, juga kebanjiran follower.

Namun, banyak yang meragukan keaslian akun @Wendi_Deng tersebut meski Twitter telah memberikan verifikasi bahwa akun tersebut asli. Akun twitter @Wendi_Deng memang mencurigakan.

Pasalnya, akun tersebut menulis tweet  yang menggoda artis Gervais dan Kim Kardashian. Pemilik akun tersebut juga menggoda akun milik "suaminya", Rupert Murdoch (@rupertmurdoch). Pemilik akun tersebut membuat percakapan yang seolah-olah asli, dengan masuk ke lingkungan orang-orang terdekat Rupert Murdoch dan melakukan komunikasi lewat Twitter. Namun, kejanggalan demi kejanggalan terus terlihat.

Reporter Guardian News kemudian mengadakan investigasi dan mengirimkan e-mail kepada pemilik akun. Si pemilik akun kemudian mengaku, bahwa dirinya adalah seorang pria berkebangsaan Inggris yang menetap di London dan hanya iseng membuat akun palsu istri Rupert Murdoch untuk alasan senang-senang.

"Ketika akun tersebut diverifikasi oleh Twitter sebagai akun asli, saya benar-benar terkejut dan gugup juga. Saya tidak percaya akun itu akan diverifikasi dengan badge check list berwarna biru tanpa memeriksa keaslian terlebih dahulu," ujar lelaki tersebut.

Juru bicara perusahaan milik Rupert Murdoch mengakui bahwa mereka menerima banyak e-mail yang mempertanyakan keaslian akun Twitter milik istri Rupert Murdoch. Pihak News International mengkonfirmasi bahwa akun istri Rupert Murdoch tersebut memang palsu, sedangkan akun milik suaminya, Rupert Murdoch adalah asli.

Twitter juga telah memberikan pernyataan bahwa akun tersebut palsu dan Twitter melakukan kesalahan dalam verifikasi. "Kami tidak akan berkomentar tentang proses verifikasi tapi kami akan memberi konfirmasi bahwa akun @wendi_deng telah salah diverifikasi sebagai akun asli. Kami meminta maaf atas kebingungan yang terjadi," ujar Twitter dalam pernyataan tersebut.

Hingga kini akun tersebut masih aktif dan masih ada aktivitas tweet di sana. Namun, pihak Twitter mencantumkan keterangan, Verifiably not @rupertmurdoch's wife. Unless you're Twitter. Or News International. SPOOF ACCOUNT pada profil akun Twitter tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com