Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Murka Ribuan Kartu Kredit Warganya Dibobol Hacker

Kompas.com - 10/01/2012, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Seorang peretas mengumumkan bahwa dirinya membajak 15 ribu akun kartu kredit milik warga Israel. Menurut data dari Departemen Supervisi Perbankan Israel, akun kartu kredit yang dibajak berasal dari tiga perusahaan kartu kredit, yakni Cal (Cartisey Ashrai Le'Israel), Isracard (Israel Credit Card), dan Leumi Card.

Atas aksi peretasan ini, Deputy Kementerian Luar Negeri Israel kemudian menyamakan serangan cyber dengan aksi terorisme.

"Tidak akan ada kelompok peretas yang akan kebal terhadap respon pemerintah," ungkap Danny Ayalon, Deputy Kementrian Luar Negeri Israel, pada harian Jerussalem Post berbahasa Inggris.

Menurutnya, serangan ini akan disamakan dengan aksi terorisme dan harus mendapat respon yang sama dengan aksi terorisme.

Namun, pernyataan keras Ayalon justru akan memancing kemarahan para peretas dan tampaknya dia akan menjadi target serangan peretas selanjutnya.

Benar saja, website pribadi Ayalon kemudian dibajak peretas dan dialihkan ke sebuah situs berbahasa Arab dengan pesan inti : "Telah di-hack oleh Foxy + TKL and Gaza HaCKeR Team. Kami menyatakan perang di dunia maya. Tidak takut kepada monyet ini"

Ayalon kemudian tak bisa dihubungi  untuk diminta komentar mengenai serangan ini. Hingga berita ini ditulis, pemulihan website masih belum berhasil.

Berhasil Dilacak Seorang Blogger

Seorang blogger Israel, Amir Fedida, mengklaim berhasil melacak identitas peretas, yakni ber-nickname "oxOmar", seorang warga negara Arab Saudi berusia 19 tahun yang kini hidup di Meksiko.

Fedida menyebut peretas ini seorang yang tidak terlalu cerdas. "Dia banyak melakukan kesalahan," ujar Fedida dalam tulisan di The Haaretz, sebuah media publikasi berbahasa Israel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com