Google Doodle Hari Ini untuk Bapak Geologi Dunia

Kompas.com - 11/01/2012, 15:19 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Doodle, desain dekoratif logo Google, hari ini (11/1/2012) dipersembahkan untuk bapak geologi dunia, Nicolas Steno. Ia dilahirkan hari ini, 11 Januari 1638 dan meninggal pada 25 November 1686.

Doodle hari ini diilustrasikan dengan gaya geologi dimana terdapat enam tumpukan lapisan dengan beragam fosil dan lapisan hijau di lapisan paling atas.

Ilmuwan yang berasal dari Denmark ini memulai menimba ilmu kedokteran di University of Leiden di Belanda pada usia muda (20 tahun). Kemudian ia melanjutkan stdui anatomi di Itali, dengan menghasilkan penelitian tetang gigi ikan hiu.

Ia kemudian menemukan bahwa gigi hiu memiliki kemiripan dengan obyek batuan tertentu. Dari situlah ia menemukan konsep fosil dan mengidentifikasinya sebagai organisme hidup.

Steno juga mengungkapkan teori bahwa bebatuan yang paling tua umurnya adalah bebatuan yang terdapat di lapisan tanah paling dalam, kecuali jika ada yang mengubah strukturnya. Sehingga, untuk menentukan umur fosil, bisa diperkirakan dari lapisan tanah dimana fosil ditemukan.

Proyek-proyek besar dan terkenal yang pernah dikerjakan Steno adalah Anatomical Observations (1662), Elementorum Myologiae Specimen, seu Musculi Descriptio Geometrica (1667), Concerning Solids Naturally Contained within Solids (1669), Elementary Mylogical Specimens (1669), dan Discours de Monsieur Stenon sur L'Anatomie du Cerveau (1669).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.