Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini untuk Bapak Geologi Dunia

Kompas.com - 11/01/2012, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Doodle, desain dekoratif logo Google, hari ini (11/1/2012) dipersembahkan untuk bapak geologi dunia, Nicolas Steno. Ia dilahirkan hari ini, 11 Januari 1638 dan meninggal pada 25 November 1686.

Doodle hari ini diilustrasikan dengan gaya geologi dimana terdapat enam tumpukan lapisan dengan beragam fosil dan lapisan hijau di lapisan paling atas.

Ilmuwan yang berasal dari Denmark ini memulai menimba ilmu kedokteran di University of Leiden di Belanda pada usia muda (20 tahun). Kemudian ia melanjutkan stdui anatomi di Itali, dengan menghasilkan penelitian tetang gigi ikan hiu.

Ia kemudian menemukan bahwa gigi hiu memiliki kemiripan dengan obyek batuan tertentu. Dari situlah ia menemukan konsep fosil dan mengidentifikasinya sebagai organisme hidup.

Steno juga mengungkapkan teori bahwa bebatuan yang paling tua umurnya adalah bebatuan yang terdapat di lapisan tanah paling dalam, kecuali jika ada yang mengubah strukturnya. Sehingga, untuk menentukan umur fosil, bisa diperkirakan dari lapisan tanah dimana fosil ditemukan.

Proyek-proyek besar dan terkenal yang pernah dikerjakan Steno adalah Anatomical Observations (1662), Elementorum Myologiae Specimen, seu Musculi Descriptio Geometrica (1667), Concerning Solids Naturally Contained within Solids (1669), Elementary Mylogical Specimens (1669), dan Discours de Monsieur Stenon sur L'Anatomie du Cerveau (1669).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com