Liputan Warga

Akses Wifi Cepat di Atas Kereta Cepat

Kompas.com - 12/01/2012, 03:49 WIB
Editor
Oleh: Sapto Nugroho
Kompasiana: sapto
Jika anda pergi dengan jarak kurang lebih 550 km (anggap saja perjalanan Jakarta - Yogya), pilih naik pesawat terbang atau kereta? Mungkin sebagian besar pilih naik pesawat, karena hanya butuh total dua jam untuk sampai di tempat tujuan. Tapi pilihannya mungkin berbeda jika kereta bisa memberikan kecepatan dan fasilitas yang lebih daripada pesawat.
Tentu saja kecepatan kereta tidak bisa melebihi pesawat, akan tetapi jumlah jam perjalanan bisa lebih cepat karena tidak ada waktu tunggu lama seperti mau naik pesawat. Juga tidak perlu waktu khusus ke lapangan terbang yang biasanya cukup jauh dari pusat kota.  Stasiun kereta terletak di dalam kota sehingga lebih cepat dicapai.
Pilihan naik kereta daripada pesawat ini sudah banyak terjadi dalam perjalanan Tokyo -Osaka. Tokyo dan Osaka merupakan dua kota penting di Jepang.  Banyak orang, khususnya pebisnis, yang sering mondar-mandir antara Tokyo dan Osaka.
Jarak Tokyo dan Osaka sekitar 552 km.  Bila naik pesawat dari Haneda atau Narita, waktu yang dibutuhkan paling cepat 181 menit, meskipun pesawat hanya terbang 70 menit. Bila naik kereta Shinkansen, maka total waktu yang dibutuhkan hanya 156 menit.
Kereta Shinkansen, Nozumi Super Express, bisa mencapai kecepatan maximum 300 km/jam. Jarak 550 km bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam.  Frekuensi kereta Shinkansen dari Tokyo ke Osaka juga cukup banyak, yaitu dalam 5 kereta Shinkansen menuju Osaka setiap jamnya.  Bandingkan dengan pesawat yang dalam satu hari hanya beberapa penerbangan.
Tiket kereta Shinkansen juga bisa dibeli hari itu juga, artinya tidak perlu pesan sebelumnya. Daya tampung atau daya angkut Shinkansen juga sangat banyak.  Dalam satu rangkaian Shinkansen ada 16 gerbong.  Dalam satu gerbong terdapat tempat duduk 80. Ada tiga gerbong kelas utama yang tempat duduknya lebih lebar dengan 64 kursi. Kalau dijumlah, satu rangkaian shinkasen bisa mengangkut lebih dari 1200 orang.
Mungkin ada yang bertanya berapa harga ticket Shinkansen?  Tiket perjalanan Tokyo-Osaka 14.250 yen, jauh lebih murah dari tiket pesawat yang mencapai 23.780 Yen.
Selain faktor waktu perjalanan dan harga tiket, Shinkansen jenis terbaru N700 sudah dilengkapi dengan dua fasilitas atau pelayanan yang tidak bisa ditandingi lagi oleh pesawat. Yaitu fasilitas untuk mengisi-ulang baterai komputer atau ponsel, dan ada fasilitas internet nirkabel (wifi) cepat yang bisa digunakan secara cuma-cuma.
Dengan fasilitas canggih tersebut, tak heran banyak pebisnis yang memilih Shinkansen.
Demikian laporan di awal tahun 2012 dari Tokyo ke Osaka.
Selengkapnya: http://kom.ps/mzpk
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.