Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor: Akhir Mei, Facebook Akan IPO

Kompas.com - 18/01/2012, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Facebook dikabarkan akan melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada minggu ketiga Mei 2012. Hal ini berarti perusahaan harus mengajukan dokumen IPO paling lambat pada bulan Februari 2012.

Pengajuan dokumen itu terkait dengan rentang waktu hasil pengkajian oleh Komisi Sekuritas dan Bursa yang biasanya memerlukan waktu sekitar tiga sampai empat bulan. Dengan syarat, hasil pengkajian komisi itu mulus dan tidak ada gejolak pasar atau perubahan dari regulator setempat.

Jika dokumen IPO baru masuk ke Komisi pada Februari, maka diperkirakan Facebook bakal IPO paling cepat bulan Mei. Contohnya saja, pada saat IPO Groupon memasukkan dokumen IPO pada awal Juni 2011 dan baru bisa melakukan IPO lima bulan setelahnya pada November 2011.

Tentunya ini baru kabar awal. Rencana IPO Facebook ini masih mungkin mengalami perubahan. Sebelumnya, Facebook sempat dikabarkan akan melakukan IPO antara April - Juni 2012.  

Facebook dikabarkan akan menjual saham dengan valuasi perusahaan hingga 100 miliar dollar AS (sekitar Rp 917,4 triliun). Namun nilai yang hendak dijual hanya sekitar 10 miliar dollar AS. Valuasi tersebut bakal jadi yang tertinggi sepanjang sejarah untuk sebuah website.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com