Rambah e-Commerce, XL Gandeng Multiply - Kompas.com

Rambah e-Commerce, XL Gandeng Multiply

Kompas.com - 01/02/2012, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi mulai mengubah konsep berbelanja masyarakat. Jika sebelumnya masyarakat harus datang ke toko, memilih kebutuhannya, dan bertransaksi, kini dengan teknologi beberapa langkah bisa dipangkas.

Masyarakat tidak perlu lagi repot mendatangi toko. Tetapi, melalui online shopping, masyarakat bisa memiih kebutuhannya dan mulai bertransaksi. Salah satu operator seluler, XL, juga mulai melihat peluang bisnis online shopping ini.

Sejak akhir 2011 lalu, XL mulai menggandeng Multiply yang memposisikan diri sebagai pasar online terbesar di Indonesia. Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini, mengatakan kerja sama yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan program XL Tunai. XL Tunai berfungsi sebagai alat pembayaran dalam bertransaksi online para pengguna XL di toko-toko dalam Multiply.

"Online shopping ini bisa kapan pun dilakukan dengan pilihan yang jauh lebih banyak. Ditunjang perkembangan teknologi IT, tahun lalu kami mengeluarkan e-money atau XL Tunai yang bisa digunakan pelanggan XL untuk bertransaksi digital dari ponsel," ujar Dian, Selasa (31/1/2012), dalam Media Update di Menara Prima, Jakarta.

Multiply, kata Dian, merupakan merchant pertama yang bekerja sama dalam program XL Tunai. Kendati terlambat jika dibandingkan operator seluler lainnya, Dian mengakui bahwa pertumbuhan e-commerce ke depannya akan lebih cepat lagi berkembang.

"Walaupun telat tapi belum tentu yang terbelakang. Kami sadari kalau dulu orang beli produk online pembayaran tetap harus ke ATM, dengan cara ini pengguna XL tidak harus ke ATM tapi bisa langsung bertransaksi dari ponselnya," papar Dian.

Manajer Business Development XL, Dony Yuliardi, menjelaskan untuk melakukan transaksi online melalui ponsel, pengguna XL harus mendaftarkan diri terlebih dulu di program XL Tunai dengan cara mengetik *123*120# dan mengambil pilihan "Belanja Online" lalu pelanggan akan mendapat pesan singkat berisi panduan registrasi.

"Untuk memilih produk, tetap harus mengunjungi Multiply.com melalui PC atau tablet. Sementara untuk versi mobile ke depannya sedang dikembangkan tim Multiply, begitu masuk, bisa langsung memilih barang dan pilih XL tunai sebagai metode pembayarannya," ujar Deny.

Untuk pembayaran melalui XL Tunai ini, tambah Deny, pelanggan perlu menyediakan saldo XL Tunai, yang berbeda dengan pulsa telepon atau data, minimal Rp 25.000,-. Untuk saldo XL Tunai, pengguna XL visa di dapat melalui ATM yang terhubung ke jaringan ATM Prima, Alto, atau Bersama. Pengguna lalu memilih menu transfer dengan kode vank 016 (BII) dan nomor rekening diisi nomor telepon pelanggan yang dituju.

"Hingga saat ini sudah ada 4000-5000 pelanggan aktif XL yang memanfaatkan layanan e-commerce ini. Ke depannya kami targetkan nilai transaksi dan jumlah pelanggan terus meningkat," paparnya.


EditorWicaksono Surya Hidayat

Close Ads X