Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan BlackBerry, Perusahaan Minyak AS Pakai iPhone

Kompas.com - 09/02/2012, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya pelanggan pribadi, BlackBerry terus ditinggalkan kalangan korporasi. Membanjirnya ponsel jenis smartphone yang mengusung teknologi berbeda, berhasil merebut hati para penggunanya.

Adalah perusahaan oil service asal Amerika Serikat (AS), yaitu Halliburton yang berencana menghentikan pemberian produk Research In Motion (RIM) itu pada karyawannya.

Sebagai gantinya, semua pekerja Halliburton akan dibekali produk milik Apple yaitu iPhone. Alasannya, iPhone lebih cocok dengan kebutuhan komunikasi para karyawannya.

"Halliburton membuat transisi ini demi mendukung pemanfaatan aplikasi mobile kami," terang juru bicara Tara Mullee Agard, Selasa (7/2/2012).

Sebelumnya, BlackBerry berhasil mendominasi komunikasi perusahaan karena menyuguhkan layanan e-mail yang efektif dengan jaminan keamanan. Namun keberadaannya berhasil disingkirkan smartphone milik Apple dan ponsel pintar berbasis Google Android.

Tahap awal, 4.500 karyawan perusahaan yang berbasis di Houston tersebut akan berpaling dari BlackBerry ke iPhone. Transisi itu akan dilakukan selama dua tahun mendatang. Perangkat akan dipasok Halliburton dengan bantuan transisi dari Apple.

Buruknya layanan BlackBerry yang terjadi di Oktober 2011 rupanya cukup membekas. Hampir seluruh karyawan Halliburton merasa terhambat karena bekerja tanpa bisa membuka e-mail. Dengan pertimbangan inilah, Halliburton mencari alternatif lain.

Tentu saja pernyataan perusahaan sebesar Halliburton menjadi kemunduran tersendiri bagi RIM.

Tahun lalu, bank besar asal Swiss yaitu Credit Suisse mulai mengizinkan bankir mereka menggunakan perangkat milik Apple dan Android. Sudah sepertiga dari 25.000 karyawannya meninggalkan BlackBerry.

Beberapa perusahaan besar lainnya yang mulai membekali karyawannya dengan iPhone dan iPad adalah Barclays Capital dan Standard Chartered Bank.

Namun, perusahaan-perusahaan tersebut mengaku masih menguji efektivitas kinerja smartphone selain BlackBerry untuk meng-handle semua aktivitas e-mail. Belum jelas berapa banyak yang akhirnya benar-benar meninggalkan BlackBerry.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com