Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anonymous Bikin Situs CIA "Offline"

Kompas.com - 13/02/2012, 11:53 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Kelompok hacker Anonymous sepertinya sedang doyan membuat berita dengan ulah yang dilakukannya. Setelah membajak e-mail Presiden Suriah, kali ini yang diusik adalah CIA.

Situs badan keamanan AS, Central Intelligence Agency (CIA), tidak bisa diakses pada Jumat (10/2/2012) kemarin. Kelompok hacker (peretas) Anonymous mengklaim, merekalah yang melakukan serangan tersebut. 

 
Para peretas yang tergabung dalam kelompok Anonymous ini memberi isyarat keberhasilan mereka membuat situs CIA offline melalui akun Twitter @YourAnonNews, dengan tweet berisi: "CIA TANGO DOWN: cia.gov #Anonymous". Beberapa jam setelah tweet itu di-posting, situs CIA tidak bisa diakses.
 
Penyerangan ini bisa jadi merupakan tindak lanjut Anonymous menentang kasus penutupan situs file sharing MegaUpload.

Selain CIA, Anonymous sendiri pernah membajak situs web milik Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat dan Federal Bureau of Investigation (FBI).

Awal Februari ini, Anonymous berhasil menyadap dan menyiarkan sebuah rekaman percakapan konferensi jarak jauh rahasia antara FBI dan petugas penegak hukum Inggris mengenai penyelidikan kejahatan dunia maya.

Ini bukan kali pertama situs CIA dibuat offline oleh para hacker. Pada pertengahan tahun lalu, situs CIA juga pernah dibajak oleh kelompok Lulz Security.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.