Pinterest, Cara Baru Berbagi Foto dan Informasi

Kompas.com - 13/02/2012, 18:04 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Berbagi foto atau link di Facebook, Twitter, dan Google Plus mungkin sudah pernah Anda coba. Bagi Anda yang senang bereksperimen dengan jejaring sosial baru, sekarang saatnya mencoba situs "online pinboard" Pinterest.

Jejaring sosial baru ini membuat pengguna memiliki semacam kumpulan link website, yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan sendiri dengan berbasiskan gambar/foto.

Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.

Kumpulan gambar, foto, atau link website yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Setiap "pin" akan diwakili oleh gambar yang pengguna pilih.

Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmark dilengkapi dengan integrasi sosial media, adalah daya tarik layanan ini.

Pinterest merupakan perusahaan start-up digital yang mendapat gelar Best New Startup TechCrunch tahun 2011 lalu. Pada Desember 2011, Pinterest sudah mencatat 7 juta unique visitor dalam satu bulan. Menurut Comscore, Pinterest adalah situs independen yang mengalami pertumbuhan paling cepat karena mencatat 10 juta unique visitor di AS setiap bulannya.

Mengapa Pinterest begitu digemari? Berdasarkan penelusuran Kompas.com, jejaring sosial ini memiliki gabungan kemudahan yang ditawarkan oleh jejaring sosial lain, yakni :

  1. Sistem jaringan sosialnya menggunakan "follow" dan "unfollow" seperti Twitter.
  2. Bookmark link (atau dinamakan pin) menggunakan konsep seperti tombol "+" seperti yang digunakan Google Plus.
  3. Link yang sudah di-pin otomatis akan masuk ke "board" pengguna (mirip halaman profil atau Timeline Facebook).
  4. Dalam setiap postingan, akan ada tombol "Comment" dan "Like" seperti Facebook, dilengkapi tombol untuk "Repin" (mirip fungsi "Retweet" di Twitter).
  5. Setiap kali ada yang melakukan "Repin", "Comment", atau "Like" di postingan Anda, akan terdapat notifikasi yang masuk ke alamat email yang terdaftar. Sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke website jika sedang sibuk.
  6. Login yang sangat mudah, bisa menggunakan akun Twitter atau Facebook, atau bisa juga dengan membuat akun Pinterest baru.
  7. Pinterest bermanfaat bagi blogger untuk mempromosikan tulisannya, juga bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya.
  8. Pencarian yang dilakukan pengguna Pinterest sudah terkotak-kotak berdasarkan kategori, sehingga bagi kalangan pebisnis, hal ini menguntungkan karena pelanggan lebih fokus

Penasaran ingin mencoba? Mulailah dengan masuk ke halaman awal Pinterest.com lalu klik tombol "Request an Invite". Masukkan alamat email Anda, lalu klik lagi tombol "Request invitation". Sistem akan mengirimkan undangan ke alamat email yang Anda daftarkan. Buka email dan klik link yang dikirimkan ke email. Ikuti petunjuk dari link tersebut.

Bila tidak ingin berlama-lama menunggu undangan dari Pinterest, Anda dapat minta di-invite oleh rekan yang sudah memiliki akun Pinterest sebelumnya.

Bila sudah daftar atau punya akun Pinterest, yang pertama perlu dilakukan adalah memindahkan (men-drag) tulisan "Pin It" ke tombol bookmark Anda di kanan atas browser. Ini berguna memudahkan membuat "Pin" dari website yang ingin Anda simpan atau bagi.

Selamat mencoba!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.