Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Telekomunikasi

Merauke Bangun BTS di Distrik Pedalaman

Kompas.com - 14/02/2012, 09:10 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Untuk membuka isolasi komunikasi di lima distrik di pedalaman, Pemerintah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, tahun 2012 ini akan membangun lima menara BTS (base transceiver station). Pemkab menggandeng operator seluler Telkomsel.

Kelima disitrik itu adalah Ilwayab, Kimaam, Jagebob, Muting, dan Okaba. Sunarjo mengatakan, selama ini layanan komunikasi telepon seluler maupun internet hanya dinikmati di lokasi tertentu, yakni di Kota Merauke dan sekitarnya. Sementara  di distrik-distrik pedalaman belum tersentuh layanan komunikasi.

Karena itu, Pemkab membangun lima menara BTS agar layanan komunikasi dan penyerapan teknologi bisa sampai di kampung-kampung pedalaman.

Sunarjo mengatakan, Pemkab Merauke bertekad membangun Merauke dimulai dari kampung. Untuk itu, mulai tahun 2011 dikucurkan dana segar melalui program Gerbangku sebesar Rp 200 juta per tahun bagi 160 kampung dan 8 kelurahan.

”Ada juga program pembangunan yang dilakukan oleh dinas, badan, dan kantor di setiap kampung sehingga akumulasi dana bisa mencapai Rp 1 miliar bahkan bisa lebih di setiap kampung,” ucapnya.

Untuk itu, Pemkab Merauke meminta masyarakat aktif mengawasi pelaksanaan program-program pembangunan dan pemberdayaan kampung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com