Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2012, 14:38 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah sengit bertarung di Jerman, Apple kembali menggugat Motorola di Pengadilan Federal San Diego, Amerika Serikat, atas tuduhan pelanggaran ketentuan perjanjian lisensi paten nirkabel antara Motorola dengan Qualcomm.
 
Gugatan ini berhubungan dengan chip Qualcomm MDM6610 baseband, yang diproduksi anak perusahaan Qualcomm untuk digunakan di iPhone 4S.
 
Paten pada chip ini sempat diajukan Motorola untuk melawan Apple di Jerman, bulan lalu. Karena Motorola menganggap bahwa paten ini adalah milik Motorola dan Qualcomm, yang terikat dalam sebuah kontrak.

Namun, pengadilan Jerman memutuskan pada awal Februari, Apple tidak melanggar paten, karena perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini telah membayar lisensi kepada Qualcomm.

 
CEO Qualcomm Paul Jacobs pun pernah berkata, Apple telah membayar lisensi ke Qualcomm terkait penggunaan chip MDM6610 baseband tersebut.
 
Dan pada akhir pekan lalu, Apple balik menggugat Motorola atas paten yang sama. Apple menyatakan bahwa mereka memiliki perjanjian jual beli dengan Qualcomm. Menurut Apple, hak Motorola atas Paten Eropa No. 1010336 atau yang setara dengan Paten AS No. 6359898, telah habis masa kontraknya.
 
Dan sebagai pengguna dan pembayar lisensi kepada Qualcomm, Apple adalah penerima manfaat pihak ketiga dari perjanjian tersebut.
 
Motorola yang diwakili Christa Smith, menolak berkomentar mengenai rincian dari kasus tersebut. Ia hanya mengatakan, Motorola akan terus melindungi kekayaan intelektual miliki mereka.
 
Begitu pula dengan juru bicara Apple yang enggan berkomentar. Sementara, perwakilan Qualcomm juga tak bisa dimintai keterangan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.