Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Geram "Chip" di iPhone 4S Dipermasalahkan Motorola

Kompas.com - 15/02/2012, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Setelah sengit bertarung di Jerman, Apple kembali menggugat Motorola di Pengadilan Federal San Diego, Amerika Serikat, atas tuduhan pelanggaran ketentuan perjanjian lisensi paten nirkabel antara Motorola dengan Qualcomm.
 
Gugatan ini berhubungan dengan chip Qualcomm MDM6610 baseband, yang diproduksi anak perusahaan Qualcomm untuk digunakan di iPhone 4S.
 
Paten pada chip ini sempat diajukan Motorola untuk melawan Apple di Jerman, bulan lalu. Karena Motorola menganggap bahwa paten ini adalah milik Motorola dan Qualcomm, yang terikat dalam sebuah kontrak.

Namun, pengadilan Jerman memutuskan pada awal Februari, Apple tidak melanggar paten, karena perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini telah membayar lisensi kepada Qualcomm.

 
CEO Qualcomm Paul Jacobs pun pernah berkata, Apple telah membayar lisensi ke Qualcomm terkait penggunaan chip MDM6610 baseband tersebut.
 
Dan pada akhir pekan lalu, Apple balik menggugat Motorola atas paten yang sama. Apple menyatakan bahwa mereka memiliki perjanjian jual beli dengan Qualcomm. Menurut Apple, hak Motorola atas Paten Eropa No. 1010336 atau yang setara dengan Paten AS No. 6359898, telah habis masa kontraknya.
 
Dan sebagai pengguna dan pembayar lisensi kepada Qualcomm, Apple adalah penerima manfaat pihak ketiga dari perjanjian tersebut.
 
Motorola yang diwakili Christa Smith, menolak berkomentar mengenai rincian dari kasus tersebut. Ia hanya mengatakan, Motorola akan terus melindungi kekayaan intelektual miliki mereka.
 
Begitu pula dengan juru bicara Apple yang enggan berkomentar. Sementara, perwakilan Qualcomm juga tak bisa dimintai keterangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com