Mobile World Congress 2012, Bukan Sekadar Konferensi

Kompas.com - 24/02/2012, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Mantan Presiden AS Jimmy Carter pernah berujar, "Globalisasi, seperti yang didefinisikan orang-orang kaya seperti kita, adalah hal yang baik... Kita berbicara tentang Internet, kita berbicara tentang ponsel, kita berbicara tentang komputer. (Namun) ini tidak mempengaruhi dua pertiga dari masyarakat dunia.."

Mungkin kalimat itu saat ini terasa usang, karena saat ini sekitar 87 persen penduduk dunia memegang ponsel di tangannya. Diperkirakan ada 5,9 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia tahun 2012.

Dan lebih dari sekedar alat komunikasi, piranti mobile sekarang telah berfungsi sebagai sumber informasi, perangkat pembayaran, penghubung dalam jejaring sosial, pemandu wisata, bahkan alat pemantau kesehatan.

Begitu merasuknya piranti mobile dalam hidup kita membuat kita seringkali kelabakan jika kita terlupa membawa ponsel misalnya. Bahkan beberapa orang menanamkan teknologi mobile di sekitarnya, misalnya di mobil, di rumah, di tempat kerja dan lainnya. Artinya piranti mobile telah mengubah hidup kita, bahkan mengubah dunia.

Tak heran bila kejayaan dan kemajuan piranti mobile dirayakan dalam suatu event besar yang disebut Mobile World Congress (MWC). Tahun 2012, MWC yang diselenggarakan di Fira Montjuic, Barcelona, Spanyol, 27 Februari hingga 1 Maret 2012 akan memberi kesempatan pada dunia untuk mengintip ke mana dunia mobile akan berkembang, sekaligus bagaimana hidup kita akan terpengaruh olehnya.

Dalam MWC 2012, pengunjung bisa mengikuti konferensi yang menampilkan pembicara-pembicara visioner di dunia mobile. Tak hanya itu, berbagai produk dan teknologi mutakhir akan dipamerkan oleh sekitar 1.400 peserta pameran. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan mencari peluang industri, membuat kesepakatan, dan menjalin hubungan dengan pelaku industri mobile di seluruh dunia.

Acara MWC ini begitu menarik, karena dari tahun ke tahun pesertanya makin banyak. Sebagai gambaran, MWC tahun 2011 dihadiri lebih dari 60.000 orang, lebih dari 3.000 CEO, sekitar 1.400 peserta pameran, dan diliput oleh 1.500 media. Semuanya berasal dari 200 negara di seluruh dunia. Tahun ini, Kompas.com menjadi salah satu media yang berkesempatan meliputnya secara langsung.

Apa yang baru dalam MWC 2012? Dalam situs www.mobileworldcongress.com, diberitakan bahwa tahun ini panitia akan meluncurkan program baru, mPowered Brands. Seperti halnya App Planet yang diciptakan untuk mempertemukan komunitas pengembang aplikasi, mPowered Brands akan mengumpulkan pemasar di seluruh dunia untuk membina potensi mobile dalam melibatkan konsumen.

Kembali pada kenyataan betapa melekatnya ponsel dalam kehidupan manusia modern, Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton pernah mengatakan, "Ada lebih dari 4 miliar ponsel yang digunakan saat ini. Banyak di antaranya berada di tangan pedagang pasar, tukang becak, dan orang-orang lain yang dulunya tidak memiliki akses pendidikan dan kesempatan. Jaringan informasi telah menjadi begitu penting, dan kita harus menggunakannya bersama-sama untuk membantu orang keluar dari kemiskinan dan memberi mereka kebebasan."

Mengingat pentingnya teknologi mobile, pantaslah bila di MWC 2012, tidak sekadar dipandang sebagai konferensi, namun lebih pada perayaan kejayaan teknologi mobile dalam memperbaiki kehidupan manusia.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorTri Wahono

    Close Ads X