Ingin Pertama "Cicip" Android 5.0, LG Tagih Google

Kompas.com - 29/02/2012, 07:35 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - LG Electronics dikabarkan sedang dalam tahap diskusi dengan pihak Google untuk bisa memproduksi ponsel seri Nexus selanjutnya. Sebelumnya, Google telah mengeluarkan ponsel Android seri Nexus bekerjasama dengan HTC dan Samsung.

Tiga ponsel seri Nexus tersebut adalah HTC Nexus One, Samsung Nexus S, dan Samsung Galaxy Nexus. Ponsel seri Nexus merupakan ponsel dengan jeroan dari Google dan mendapat kehormatan menjadi yang pertama menggunakan Android versi terbaru.

Nantinya, Nexus seri selanjutnya ini bakal dibenamkan Android 5.0 (Jelly Bean). Karena belum pernah mendapat jatah, LG menagih Google agar mereka bisa menjadi vendor Nexus selanjutnya.

Selama beberapa tahun terakhir, mendapatkan ponsel seri Nexus dan bisa bekerja sama dengan Google dalam perangkat mobile memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi vendor.

Pasalnya, vendor akan mendapatkan akses yang terbaru dan terbaik dari Google, bahkan hingga keuntungan dari hasil penjualan ponsel seri Nexus.

"Kami sedang dalam diskusi dengan Google," kata Head of Smartphone Division LG Ramchan Woo.

Kerjasama dengan Google tersebut, kata Woo, akan memberikan citra bagi LG bahwa pihaknya merupakan salah satu pemain utama di perangkat Android.

Bila negosiasinya berhasil, LG akan merancang antarmuka (user interface) yang berbeda dengan yang dibuat Samsung dan HTC.

Bila Google Nexus di vendor lain menggunakan latar belakang hitam, maka Nexus di LG ini bakal memiliki latar belakang putih.

Selain itu, ada tombol navigasi yang terpisah di bawah layar, yang menunjukkan perbedaan di Nexus sebelumnya.

Bagi Google sendiri,bermitra dengan LG pada perangkat Nexus akan menghilangkan keresahanvendor Android lainnya, bahwa Google tidak akan menganakemaskan Motorola Mobility yang telah diakuisisi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.