Nokia Akui Sedang Siapkan Tablet Unik

Kompas.com - 16/03/2012, 14:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Meski masih disibukkan dengan ponsel Lumia, diam-diam ternyata Nokia sedang menyiapkan komputer tablet. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala desain Nokia, Marko Ahtisaari.

Marko Ahtisaari menyebut menghabiskan sepertiga waktunya untuk menciptakan tablet. "Kami bekerja untuk itu," kata Ahtisaari kepada majalah asal Finlandia, Kauppalehti Optio.

Kabar bakal adanya tablet Nokia ini sebelumnya baru sebatas rumor. Kini semuanya jelas, Nokia pasti ikut terjun ke bisnis tablet bersama Google dan Apple.

Namun, Nokia sadar telah sangat tertinggal dibanding kedua kompetitornya tersebut. Agar bisa bersaing dengan tablet Android dan iPad dari Apple, Nokia akan membuat sebuah tablet yang berbeda.

CEO Nokia Stephen Elop mengatakan, perlu ada pendekatan yang berbeda untuk bersaing melawan dominasi iPad di pasar tablet global.

Dari penyataan Elop tersebut, tampaknya Nokia tidak akan mengadopsi sistem operasi (operating system atau OS) Android.

Kemungkinan terbesar, Nokia akan menggunakan Windows 8, yang juga disedang digarap Microsoft untuk perangkat tablet.

OS ini rencananya bakal dirilis pada akhir 2012. Nokia bisa saja menjadi vendor pertama yang mengeluarkan tablet Windows 8, mengingat hubungan "mesra" antara Nokia dan Microsoft.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.