10 Antivirus Paling Ampuh untuk Android

Kompas.com - 19/03/2012, 09:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengujian terhadap 41 aplikasi antivirus di platform Android menunjukkan hanya 23 aplikasi yang secara efektif menghambat laju ancaman virus ataupun perangkat lunak berbahaya (malware).

"Beberapa bagian dalam laporan dan metodologi tes kami dianggap tidak tepat atau cacat oleh pihak pengembang," kata Andreas Marx, Pemimpin AV-Test, salah satu lembaga penguji keamanan teknologi informasi independen di Jerman.

Pengujian yang dilakukan AV-Test terfokus pada kemampuan aplikasi untuk menahan jaringan malware dibanding serangan per satuan.

Dalam laporan yang dipublikasikan 15 Maret, AV-Test menyebut 10 perusahaan penyedia antivirus terbaik yang mampu mendeteksi lebih 90 persen malware di platform Android.

Kesepuluh perusahaan itu adalah Avast, Dr. Web, F-Secure, Ikarus, Kaspersky, Lookout, McAfee, MYAndroid (MYMobile Security), NQ Mobile/NetQin, dan Zoner.

Sisanya, sebanyak 13 produk mampu mendeteksi 65 hingga 90 persen malware yaitu AegisLab, AVG Mobilation, Bitdefender, BullGuard, Comodo, ESET, Norton/Symantec, QuickHeal, Super Security, Total Defense, Trend Micro, Vipre/GFI, dan Webroot.

"Produk-produk itu (13 produk di atas) pun berpotensi menjadi produk terbaik. Mereka hanya gagal mendeteksi satu atau dua jaringan malware yang mungkin tidak bisa dicegah pada kondisi tertentu," tulis AV-Test dalam laporannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.