Antisipasi "Big Data", Permintaan "Server Storage" Meningkat

Kompas.com - 22/03/2012, 16:59 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan saat ini sudah mulai mengantisipasi tren "big data" di masa depan. Untuk mengantisipasinya, perusahaan-perusahaan penyedia solusi penyimpan data mulai mengalami permintaan server dan storage dari beberapa vendor.

Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad S Sofwan menjelaskan agar perusahaan bisa berkembang dinamis sesuai dengan iklim bisnis yang ada,  diperlukan penyesuaian teknologi yang bisa mendukung pertumbuhan bisnis.

"Di masa kini dan mendatang, perusahaan pasti memiliki isu pengembangan data center coud, virtualisasi, meningkatkan provisi sumber daya hingga proteksi data. Harapannya, salah satu solusi yang kami tawarkan bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis perusahaan," kata Sofwan selepas konferensi pers Fujitsu Technology Day 2012 di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Dalam catatannya, permintaan server dan storage di dunia dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Khusus server, permintaannya di 2011 mencapai 199,45 miliar dollar AS, 217 miliar dollar AS (2012) dan 227,74  miliar dollar AS.

Sementara permintaan storage, di tahun 2011 mencapai 97  miliar dollar AS, tahun 2012 mencapai 104,33  miliar dollar AS dan 2013 mencapai 111,62  miliar dollar AS.

"Solusi-solusi platform baru yang dikombinasikan dengan keahlian di bidang layanan akan membantu perusahaan untuk transformasi. Salah satu indikasinya adalah permintaan server dan storage yang meningkat," tambahnya.

Country Manager Platform Product Fujitsu Indonesia, Raymon Firdauzi menambahkan pertumbuhan permintaan server dan storage di dunia cenderung mengalami peningkatan. Di tahun ini saja, pertumbuhan server (secara pendapatan) industri total mencapai 8 persen dan storage sebesar 7 persen.

"Tapi di Fujitsu pada 2011 malah mengalami pertumbuhan server sebesar 84,08 persen dan untuk storage sebesar 87,7 persen. Ini menunjukkan permintaan yang luar biasa," kata Raymon.

Di tahun ini, Fujitsu menargetkan pertumbuhan pendapatan untuk bisnis server mencapai 24 persen dan untuk storage sebesar 166 persen.

Target pertumbuhan pendapatan ini memang cukup lumayan tinggi karena pangsa pasar Fujitsu dalam dua layanan tersebut juga cukup signifikan. Selain itu, untuk memperbesar bisnisnya, Fujitsu juga akan memperkuat rantai distributor server dan storage yang akan menyasar kalangan enterprise hingga small medium enterprises (SME).

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.