Pemerintah Minta Google Bangun Server di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2012, 09:18 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mendesak Google untuk membangun data center di Indonesia. Harapannya, biaya koneksi internet di Tanah Air bisa menjadi lebih murah.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, saat membacakan pidato sambutan dari Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjelaskan, pembangunan server itu juga sekaligus akan menjadi bukti komitmen Google di Indonesia.

"Harapannya Google mau membangun data center di Indonesia. Dengan semakin rendahnya biaya broadband, maka akan menghemat biaya operasional bisnis di sini," kata Bachrul selepas pembukaan kantor virtual Google di Indonesia di Gedung Cyber 2 Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Pembangunan data center oleh Google di Indonesia ini dinilai perlu oleh pemerintah karena Indonesia merupakan pasar yang penting bagi perusahaan asing, tidak terkecuali Google.

Apalagi, dengan jumlah penduduk Indonesia melebihi 240 juta dan pertumbuhan internet sekitar 30 persen pada tahun 2011, maka hal tersebut juga tidak bisa dianggap hal yang remeh bagi Google.

Google juga dinilai aktif membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan Business Lokal Go Online, yaitu menyediakan sekitar 100.000 domain gratis bagi UKM di Indonesia dalam memasarkan usahanya.

Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengaku bahwa Google telah membangun data center di Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

"Ketiganya itu sudah mampu meningkatkan layanan internet lebih cepat dan lebih baik, termasuk di Indonesia. Ketiganya untuk meng-cover Asia Pasifik," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.