Perang Paten Berkepanjangan, Apple dan Samsung Siap Berdamai

Kompas.com - 03/04/2012, 07:14 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple dan Samsung dikabarkan sedang melakukan negosisasi terkait perang paten antara keduanya di beberapa negara. Tujuan negosiasi ini, menyudahi perselisihan paten yang terus menerus digugat oleh masing-masing pihak.

Kabar ini berasal dari topik utama Bloomberg Businessweek pada akhir Maret 2012 yang mengangkat cerita di balik perang paten Apple dengan sejumlah produsen Android, yakni Samsung, Motorola, dan HTC.

Editor Businessweek, Paul M. Barret yang mengutip dari seorang sumber terpercaya, menulis bahwa para eksekutif Apple dan Samsung belakangan ini sedang intens berkomunikasi untuk menyelesaikan perang paten yang tiada akhir.

Barrett pun menulis CEO Apple Tim Cook tidak terlalu bersemangat seperti pendahulunya, Steve Jobs, yang menganggap Android adalah musuh bagi Apple.

Dalam buku biografi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson, sang pendiri Apple ini pernah mengatakan bahwa Android adalah produk curian yang mencontek iOS. Ia pun bersedia mengeluarkan uang Apple untuk "perang nuklir" dengan para produsen Android.

Sebelum perang paten antara keduanya dimulai, para eksekutif Apple dan Samsung pernah bertemu sebanyak empat kali pada 2010. Jobs juga terlibat dalam pertemuan itu. Namun, pertemuan itu tidak menghasilkan damai dan akhirnya Apple menggugat Samsung pada April 2011.

Apple menuding smartphone dan tablet dari keluarga Galaxy mencontek desain dan nuansa iPhone dan iPad, serta meniru fitur-fitur sistem operasi iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.