HTC Tingkatkan Kemampuan "Face Unlock"

Kompas.com - 10/04/2012, 10:42 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Fitur Face Unlock menjadi fitur unggulan di Android Ice Cream Sandwich. Namun HTC sedikit memiliki keunggulan lebih pada fitur tersebut dan akan segera mematenkannya.

Fitur Face Unlock merupakan inovasi terbaru di dunia smartphone. Untuk membuka kunci layar, pengguna hanya cukup mengarahkan wajah ke kamera depan perangkat ponselnya. Wajah akan diidentifikasi secara otomatis dan akses smartphone akan terbuka.

Fitur ini memang tidak terlalu aman untuk melakukan penguncian ponsel. Tapi untuk sebuah fitur, Face Unlock akan menjadi fitur yang menyenangkan dipakai di ponsel.

Google pertama kali menyertakan fitur tersebut pada Samsung Galaxy Nexus dan Samsung Galaxy S2. Tapi HTC yang memiliki fitur tersebut memiliki ide untuk menambahkan fitur Face Unlock terlihat lebih sempurna dibandingkan dengan yang sudah dirilis oleh Google.

Seperti dilansir Slashgear, fitur Face Unlock ala HTC ini sedikit berbeda pemakaiannya, namun masih tetap memiliki fungsi yang sama. Di Galaxy Nexus, jika fitur Face Unlock ini tidak berfungsi, maka pengguna akan diminta memasukkan kata kunci (password) untuk mengakses perangkat.

Untuk di ponsel HTC akan ditambah satu proses lagi, jika pengguna dapat memasukkan password dengan benar, otomatis wajah pengguna akan masuk dalam daftar wajah yang akan dikenali oleh ponsel.

Metode ini diklaim akan meningkatkan akurasi dari sistem pengenalan wajah tersebut. Jadi dengan langkah tambahan ini, ponsel bisa jadi akan menyimpan beberapa foto dari satu wajah pengguna dengan beberapa kondisi, seperti kondisi kurang cahaya atau dalam kondisi gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur tambahan inilah yang akan dipatenkan oleh HTC dan kemungkinan akan dipakai di semua ponsel HTC ke depan. Vendor asal Taiwan ini berencana akan memasukkan fitur ini ke HTC Evo 3D. Selanjutnya, Sony dengan jajaran Xperia Series juga akan menyertakan fitur serupa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.