Dukung Industri Kreatif, Indonesia ICT Award Kembali Digelar

Kompas.com - 10/04/2012, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2012 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Indonesia ICT Award (INAICTA). Ajang ini bertujuan mencari pengembang aplikasi demi mendorong perkembangan produk-produk teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia.

Ketua Tim Pelaksana INAICTA 2012, A Haryawirasma menjelaskan industri TIK tidak dapat dipungkiri lagi saat ini sudah menjadi salah satu keunggulan dalam bersaing bagi suatu negara. Industri ini bisa menjadi sandaran masa depan yang tidak akan habis untuk digali dan dikembangkan.

Contoh industri di bidang TIK yang menjanjikan di masa depan adalah produk software edukasi, animasi, game, automasi hingga robotika.

"Harapannya, dalam ajang ini dapat mencari dan mempertemukan pengembang dan perusahaan lokal untuk bisa tumbuh secara kualitas dan kuantitas. Sehingga dapat menjadi penopang daya saing ekonomi nasional," kata Haryawirasma dalam konferensi pers di Ruang Serbaguna Kantor Kominfo Jakarta, Selasa (10/4/2012).

INAICTA 2012 merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia. Di tahun ini, ajang tersebut sudah memasuki tahun keenam penyelenggaraan.
Adapun kategori yang dilombakan dalam INAICTA 2012 ini adalah:
1. Kategori Profesional, meliputi:
E-business, Enterprise, SME, e-government, application, e-inclusion, e-Learning, Security, Research and Development, Creative and Innovative New Media (Triple Play), Digital Entertainment, Startup Company.

2. Kategori Pelajar, meliputi:
SD-SMP-SMA/K-Perguruan Tinggi: Application, Creative on New Media, Robot Aplikatif

Selama ini respon masyarakat terhadap ajang INAICTA sangat tinggi. Tahun lalu sudah ada sebanyak 905 karya. Tahun ini diharapkan ada peningkatan karya sekitar 50 persen dibandingkan jumlah karya tahun lalu.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Ashwin Sasongko menjelaskan ajang INAICTA ini diharapkan bisa menjadi terobosan (breakthrough) bidang TIK dalam mendorong kreativitas anak bangsa.

"Sehingga Indonesia mampu menjadi negara yang terkenal melalui produk dan konten TIK yang berkualitas dan berdaya saing tinggi," tambah Ashwin.

Pendaftaran lomba dibuka pada 28 Mei 2012 dan ditutup pada 2 Juli 2012. Kategori lomba dan info selengkapnya tentang INAICTA bisa dilihat di www.inaicta.web.id.

 


EditorReza Wahyudi

Close Ads X