Ini Dia 10 Finalis Imagine Cup

Kompas.com - 11/04/2012, 13:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun, sejak 2003, Microsoft menggelar kompetisi global bernama Imagine Cup. Kompetisi bagi mahasiswa ini jadi salah satu ajang bergengsi dunia.

Gengsi Imagine Cup bukan sekadar karena nama besar Microsoft yang menempel di sana, tapi karena kompetisi ini selalu memiliki tujuan untuk memecahkan masalah dunia nyata tertentu.

Bahkan Bill Gates, pendiri Microsoft, pernah mengatakan bahwa ia berharap kompetisi ini ada sejak ia masih muda.

"Ini membuat orang terlibat untuk melihat bahwa software dapat mengubah dunia," kata Gates.

Indonesia juga selalu terlibat dalam kompetisi Imagine Cup dan rajin mengirimkan wakilnya ke final kompetisi tersebut. Di 2011, juara Indonesia yang dikirimkan adalah tim Gatotkaca.

Gatotkaca terdiri dari empat mahasiswa Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Mereka mengusung aplikasi mobile bernama Childhood, yang berguna bagi orangtua untuk mengawasi gizi anak.

Di 2011, tim _dreambender_ dari Indonesia (juga dari IT Telkom) juga tercatat sebagai peraih runner-up untuk kategori Windows 7 Touch Challenge.

Finalis 2012

Pada Selasa (10/4/2012), dilakukan penjurian untuk seleksi Imagine Cup Indonesia 2012. Penjurian dilakukan di Kantor Microsoft Indonesia, Jakarta dengan melibatkan juri media dari Kompas.com, Vivanews dan Okezone.

Penjurian dilakukan terhadap 20 kandidat yang sebelumnya telah melalui seleksi pendahuluan. Berikut adalah 10 finalis yang akhirnya terpilih:  

No   Nama TimUniversitas Proyek
1      Malabar    IT Telkom BrainStat
2            MedclystIT Telkom Senspulse
3          UnitedLinesIT Telkom  LeafCoder
4     Heartnect     ITB     heartnect
5     Razor     PENS     NUE     
6Antasena  UGM  LexiPal
7iGnite  UGM  Oter   
8QuaternionUI  RedHub
9Matakaca  UI    Iris  
10MIC UPHUPH  Irisign
      

Tema besar dalam kompetisi bidang Software Design untuk Imagine Cup 2012 adalah "Challenge Yourself to Change the World". Salah satu yang jadi acuan adalah Millennium Development Goals dari Perserikatan Bangsa Bangsa.

Berdasarkan hal itu, cukup banyak peserta yang mengajukan solusi teknologi di bidang kesehatan. Contohnya, Senspulse (cek kesehatan dari denyut nadi), heartnect (kesehatan jantung) atau LexiPal (terapi untuk disleksia).

Namun ada juga di bidang lain, termasuk pertanian (LeafCoder) atau keselamatan transportasi (BrainStat).

Final kompetisi Imagine Cup 2012 akan digelar di Sydney, Australia pada Juli 2012.

"Suara rakyat"

Selain kompetisi utama di atas, Imagine Cup Indonesia 2012 juga mengadakan kompetisi People's Choice Award. Kompetisi ini berupa voting popularitas video presentasi peserta.

Peserta yang memenangkan kontes video voting itu akan mendapatkan hadiah Rp 5 juta. Voting terhadap video itu bisa dilakukan melalui halaman Facebook Microsoft Indonesia pada link berikut ini: http://tinyurl.com/cyk8puq

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.