Layanan Telkom di Aceh Berangsur Pulih

Kompas.com - 11/04/2012, 19:30 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan telekomunikasi pada sejumlah kawasan di Aceh dan pantai barat Sumatera yang sempat terganggu akibat gempa berkekuatan 8,5 skala Richter yang terjadi Rabu (11/4/2012) pukul 15.38 WIB kini berangsur normal.

"Di beberapa lokasi layanan komunikasi sempat terganggu selain karena catu daya listrik yang sempat padam, juga karena tingginya trafik komunikasi," kata Head of Corporate Communication & Affair PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Eddy Kurnia dalam siaran pers di Jakarta.

Eddy menjelaskan, sehubungan dengan musibah gempa tersebut Telkom Group terus melakukan pemantauan dan perbaikan fasilitas telekomunikasi.

"Sesaat setelah gempa memang terjadi kesulitan ketika melakukan komunikasi, karena trafik ke sana tinggi sekali," ujarnya.

Berdasarkan pantauan bahwa layanan komunikasi ke wilayah Sinabang, Teluk Dalam, Gunung Sitoli, Siberut, dan Sikakap masih beroperasi normal.

Meski begitu untuk sementara waktu beberapa BTS Flexi di wilayah Aceh terganggu yang mungkin disebabkan terputusnya aliran listrik PLN.

Adapun layanan seluler Telkomsel masih beroperasi normal walaupun trafiknya cukup tinggi.

Sementara itu, VP Corporate Communication XL Axiata Turina Farouk menginformasikan bahwa layanan XL tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Pihaknya terus berupaya memberikan jaminan ketersambungan komunikasi seluler dengan terus memantau setiap BTS yang ada di semua wilayah gempa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.