Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Video Bagaimana iPad Dirakit

Kompas.com - 12/04/2012, 18:58 WIB

Marketplace.orgPekerja Foxconn sedang merakit iPad

KOMPAS.com - Isu eksploitasi para pekerja pabrik Foxconn, yang merupakan pemanufaktur produk Apple, menarik perhatian banyak wartawan untuk meliputnya. Namun, tak semua wartawan diberi kesempatan masuk ke pabrik Foxconn.

Rob Schmitz dari stasiun radio publik Amerika, Marketplace, menjadi salah seorang wartawan yang beruntung karena diberi kesempatan meliput dan masuk ke lini produksi iPad dalam pabrik Foxconn di kota Shenzhen, China.

Selama kunjungan, Schmitz memanfaatkan kesempatan itu dengan merekam video aktivitas para pekerja yang merakit tablet iPad dari Apple. Bukan hanya aktivitas para pekerja di luar pabrik, melainkan juga di dalam pabrik.

Kepala Biro Marketplace di Shanghai itu berhasil merekam bagaimana hardware-hardware iPad dipasangkan, seperti motherboard, layar sentuh LED, sampai uji coba apakah iPad menyala dengan sempurna atau tidak.

Video yang diunggah ke YouTube pada Rabu (11/4/2012) itu juga menyajikan pemandangan bagaimana pekerja Foxconn berolahraga seusai bekerja pada sore hari. Kebanyakan pekerja Foxconn tinggal di asrama yang telah disediakan oleh perusahaan asal Taiwan itu.

Meski sangat singkat durasinya dan tak bisa menggambarkan keseluruhan proses perakitan iPad, tetapi setidaknya berhasil mengungkap fakta bahwa iPad tak sepenuhnya dirakit oleh manusia.

Selain itu, Foxconn yang digambarkan "sangat kejam" ternyata masih menyediakan fasilitas olahraga untuk karyawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com