Kompas.com - 26/04/2012, 14:35 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SEOUL, KOMPAS.com — Chairman Samsung Electronics Lee Kun-hee dinobatkan menjadi orang terkaya di Korea Selatan versi majalah Forbes.

Lee Kun-hee, berusia 70 tahun, sukses mentransformasikan perusahaannya menjadi pembuat chip paling top di dunia dan pembuat ponsel kedua terbesar di dunia.

"Lee Kun-hee memiliki kekayaan bersih sekitar 10,8 miliar dollar AS atau lebih tinggi 1,5 miliar dollar AS dari tahun 2011," demikian pengumuman majalah Forbes, Kamis (26/4/2012).

Lee sebenarnya terlibat dalam sengketa hukum dengan saudara tuanya dan juga dengan adiknya terkait warisan ayahnya yang mendirikan grup ini.

Lee Maeng-hee (80) menuduh bos Samsung mengambil alih sebagian saham grup Samsung yang didirikan ayah mereka dan kelompok pendiri Lee Byung-chull dengan nama orang lain.

Lee Maeng-hee menuntut adiknya mengembalikan sejumlah saham di beberapa unit usaha Samsung dengan uang tunai yang bernilai total 710 miliar won atau setara 623 miliar dollar AS.

Sementara itu, Chung Mong-koo, Chairman pembuat otomotif Hyundai Motor, berada di urutan kedua terkaya di Korea Selatan, dengan kekayaan bersih 6,6 miliar dollar AS, disusul Kim Jung-joo (44), pendiri perusahaan permainan online Nexon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekayaan Kim sekitar 4,3 miliar dollar AS, sukses menjadi pengusaha dengan usaha sendiri, tanpa konseksi bisnis dengan anggota keluarganya.

Jay Y-lee, Kepala Operasi Samsung Electronic, putra tertua Lee Kun-hee, berada di urutan keempat terkaya di Korsel, dengan nilai kekayaan 3,8 miliar dollar AS.

Lee Myung-hee, adik perempuan Lee Kun-hee, bos grup retail Shinsegae Group, berada di urutan ke-11 dengan nilai kekayaan 1,68 miliar dollar AS. Ini membuatnya menjadi perempuan terkaya di Korsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.