Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Putuskan "Hubungan" dengan Axis

Kompas.com - 02/05/2012, 13:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT XL Axiata Tbk memutuskan tidak memperpanjang kerja sama national roaming (berbagi base transceiver station/BTS) dengan PT Axis Telekom Indonesia (Axis). Kontrak kerja sama tersebut baru akan berakhir pada akhir tahun ini.

Head of Corporate Communication Axis Anita Avianty membenarkan kabar tersebut. Pihak XL akan menghentikan kerja sama national roaming dengan Axis. "Iya, memang benar. Mulai 1 Mei ini kami sudah mulai memakai BTS sendiri, mulai mengurangi memakai BTS dari XL yang kontraknya baru berakhir akhir tahun ini," kata Anita kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Saat ini, Axis melakukan kerja sama national roaming dengan XL khusus di wilayah Sumatera (Sumatera Utara dan Aceh) serta keseluruhan wilayah BTS Axis di Kalimantan dan Sulawesi. Namun, Anita enggan menjelaskan jumlah BTS Axis yang "numpang" dengan BTS XL tersebut.Namun, kata Anita, Axis akan mampu meningkatkan kualitas layanan jaringan secara mandiri, yaitu dengan mulai mendirikan jaringan BTS.

Hal itu dilakukan untuk melayani pelanggan, apalagi konsumsi data pelanggan juga makin meningkat akhir-akhir ini. "Kami sudah mempersiapkan semuanya, termasuk investasi BTS," tuturnya.

Penambahan BTS itu dilakukan Axis karena melihat tingkat pertumbuhan pelanggan Axis meningkat cukup drastis. Hingga akhir 2011, jumlah pelanggan Axis mencapai 17 juta, meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, sekitar 9 juta pelanggan. "Harapannya tahun ini juga bisa meningkat dengan persentase yang sama," ujarnya.

Sekadar catatan, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaemi menginginkan kontrak kerja sama national roaming dengan Axis dihentkan. Hal itu disebabkan kontrak kerja sama selama tiga tahun ini sudah dinilai cukup. "Axis sudah besar, pelanggannya banyak. Sepertinya kita akan menghentikan kontrak kerja sama dengan Axis soal berbagi BTS ini," kata Hasnul saat ditemui media di acara XL Award di Hotel Crown Plaza, Senin (30/4/2012).

Jika dilihat dari kebutuhan, pelanggan XL juga memerlukan kebutuhan jaringan yang cepat, baik untuk voice, SMS, maupun data. Jika terus dilakukan national roaming, kualitas pelanggan seakan-akan terganggu. Akhir tahun lalu, jumlah pelanggan XL sebesar 46,4 juta pelanggan. Target pelanggan hingga akhir tahun ini sebesar 51 juta pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com