Selembar Saham Facebook Jadi Rebutan 20 "Orang"

Kompas.com - 18/05/2012, 11:40 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Menjelang perdagangan perdana di bursa saham Wall Street, Facebook menarik minat luar biasa dari para pemain saham.

Bahkan, seperti dilaporkan Reuters, rasionya mencapai 1 banding 20. Artinya, ada 20 "orang" atau pihak yang memperebutkan selembar saham yang sama.

Masalahnya, memang tak semua yang berminat bisa mendapatkan saham perdana Facebook.

Penjualan ini ditangani ala Wall Street, yang artinya kedekatan dengan investment banker pengelola penjualan ini jadi penting.

Mereka yang bisa mendapatkan saham pada harga perdana, sekitar 38 dollar AS per lembar, hanyalah yang memiliki koneksi kuat dengan "orang besar" di Wall Street.

"Memang tidak adil, tapi bagaimana mungkin bisa adil?" kata Bruce Foerster, pemilik South Beach Capital Markets.

"Kalau Anda tak punya hubungan dengan manajemen Facebook, atau tak tak punya rekening dan sejarah investasi baik dengan perusahaan yang menangani (IPO) ini, kenapa Anda harus dapat saham?" ujarnya.

Nantinya, setelah Initial Public Offering (IPO) dilaksanakan, diprediksi saham Facebook akan mengalami kenaikan hingga 50 persen. Sebuah kesempatan yang tak ingin disia-siakan banyak pihak.

"Ini lebih buruk dari tidak mendapat undangan ke pesta waktu SMA," kata Fran Carpentier, konsultan asal New York yang tak bisa mendapatkan saham di IPO Facebook.

Mary Furlong, investor dari California, juga mengatakan sangat ingin terlibat dalam IPO ini. "saya mau beli saham. Saya ketinggalan waktu Google menjual sahamnya (di 2004-red.)," ujar Furlong.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.