Kamus Bergambar Disusun dari 21 Ribu Foto "Google Images"

Kompas.com - 30/05/2012, 13:13 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua orang seniman Inggris, yakni Felix Heyes dan Ben West membuat sebuah buku atau kamus visual yang diberi nama "Google". Mengapa Google? Karena isi dari buku tersebut merupakan gabungan dari gambar-gambar yang terdapat dalam hasil pencarian di Google Image.

Sebanyak kurang lebih 21.000 gambar dipilih oleh dua orang seniman ini untuk membuat sebuah buku. Caranya, untuk setiap huruf, kedua seniman ini menentukan kata kunci dan mencari gambarnya melalui layanan Google.

Masing-masing gambar di-download dan dipindahkan ke layout tiga kolom yang sudah disiapkan. Lalu, data itu diekspor ke file PDF.

West mendeskripsikan buku ini sebagai "tidak tersaring, rekaman yang tidak kritis terhadap kebudayaan manusia di 2012". Sebagian besar dari gambar-gambar yang dipilih berisikan "foto medis menjijikkan, porno, rasisme, atau kartun yang buruk".

Misalnya pada huruf V, untuk kata Virgin, tersedia gambar-gambar yang menunjukkan perempuan depresi, atau gambar yang mendeskripsikan kata tersebut.

Heyes dan West berencana berencana membuat edisi paperback untuk jangka pendek. Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan dari Google tentang kelanjutan proyek buku ini. Secara singkat, gambaran buku bisa dilihat dari video berikut :



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X