Ponsel Ubuntu Diluncurkan Paling Lambat 2013

Kompas.com - 07/06/2012, 09:16 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sistem operasi Linux Ubuntu versi mobile, yang sedang dikembangkan agar bisa berjalan di perangkat smartphone, memberi pertanda bahwa jadwal peluncurannya semakin dekat, akhir tahun ini atau bahkan awal 2013.

Para pejabat Canonical, selaku perusahaan yang mengembangkan Ubuntu, memberikan isyarat itu di sela-sela acara pameran teknologi Computex di Taiwan, awal Juni 2012.

John Barnard, Manajer Pemasaran Global Canonical, mengatakan, akan ada pengumuman tentang OS Ubuntu untuk smartphone pada akhir tahun ini, meski ia tak mengatakan pengumuman itu merupakan momen peluncuran Ubuntu smartphone.

Pendiri Canonical Mark Shuttkeworth hanya mengucap kata "mungkin", seraya tidak memberi tanggal pasti, ketika ditanya soal peluncuran Ubuntu smartphone pada akhir 2012 atau awal 2013.

Keduanya senada mengatakan, Ubuntu untuk smartphone masih terus dikembangkan. Ubuntu untuk smartphone tidak akan langsung tersedia untuk diunduh, tetapi akan langsung disematkan pada perangkat smartphone.

Pengembangan Ubuntu untuk smartphone dan tablet diumumkan secara resmi oleh Canonical pada tahun 2011 lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.