Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Login WhatsApp Tanpa Kode Verifikasi dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 07/05/2024, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna sekarang bisa masuk atau login ke akun WhatsApp tanpa menggunakan kode verifikasi atau kode OTP (One Time Password). Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi.

Sebagai cukup umum diketahui, untuk login akun WhatsApp, pengguna biasanya bakal diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon yang didaftarkan sebagai akun WhatsApp.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

Selanjutnya, WhatsApp bakal mengirim kode verifikasi atau kode OTP ke nomor telepon tersebut melalui SMS. Kemudian, pengguna harus memasukkan kode OTP itu ke aplikasi WhatsApp untuk verifikasi dan login akun.

Kode verifikasi itu menjadi penting. Tanpa memasukkan kode verifikasi, pengguna tidak akan bisa login ke akun WhatsApp. Lantas, apakah bisa masuk ke WhatsApp tanpa kode verifikasi? Kabar gembiranya adalah sekarang pengguna bisa login WhatsApp tanpa verifikasi.

Lantas, bagaimana cara masuk ke WhatsApp tanpa kode verifikasi? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara login WhatsApp tanpa kode OTP atau kode verifikasi dengan mudah dan cepat.

Cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi

Cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi itu pada dasarnya cukup mudah. Cara tersebut mungkin dilakukan karena WhatsApp telah menambahkan fitur keamanan baru di aplikasinya, yaitu passkey.

Fitur passkey memungkinkan pengguna untuk login WhatsApp tanpa harus memasukkan kode verifikasi seperti proses yang dijelaskan di atas. Sebagai gantinya, proses verifikasi akun dilakukan menggunakan sistem keamanan perangkat yang telah didaftarkan di WhatsApp.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara dengan Mudah, Jangan Panik

Jadi, sebagai ganti kode verifikasi, pengguna bisa memakai sistem keamanan perangkat seperti PIN, fingerprint, atau pemindai wajah untuk login WhatsApp. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan passkey adalah sebagai berikut:

  • Pastikan sistem keamanan di perangkat telah aktif, bisa PIN, fingerprint, atau pemindai wajah.
  • Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, klik menu “Settings” dan pilih opsi “Passkeys”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Create Passkey”.
    Ilustrasi cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan passkey.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan passkey.
  • Setelah itu, daftarkan sistem keamanan perangkat untuk menjadi passkey pada akun WhatsApp.
  • Setelah aktif, pengguna nantinya bisa login akun WhatsApp menggunakan passkey yang sudah dibuat, tanpa perlu memasukkan kode OTP lagi.

Ilustrasi cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan passkey.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan passkey.

Cukup mudah bukan cara login WhatsApp tanpa kode OTP atau kode verifikasi? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu repot lagi memasukkan kode OTP yang dikirim via SMS jika hendak login akun WhatsApp.

Pengguna bisa langsung login tanpa kode verifikasi menggunakan fitur passkey dengan memasukkan sistem keamanan perangkat. Demikianlah cara login WhatsApp tanpa kode verifikasi dengan mudah dan cepat.

Sebagai informasi tambahan, fitur passkey yang bisa membuat login WhatsApp tanpa kode verifikasi merupakan fitur baru. Lantaran baru, sebagian pengguna mungkin belum terlalu memahami fitur ini. Lantas, apa itu passkey WhatsApp?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai fitur passkey WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk login akun tanpa kode verifikasi atau kode OTP.

Apa itu passkey WhatsApp?

Untuk diketahui, passkey merupakan sistem keamanan baru untuk login akun sebagai alternatif dari sistem keamanan password.

Sebelum passkey hadir, sebagaimana cukup umum diketahui, pengguna perlu memasukkan kata sandi atau password untuk masuk ke akun di berbagai platform. Dengan passkey, pengguna tidak perlu lagi memasukkan password.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com