Saat Sulit Bagi Startup, Terus Bertahan atau Berhenti?

Kompas.com - 12/06/2012, 12:40 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Oleh: Aria Rajasa*

Media suka memamerkan keberhasilan dari berbagai startup, valuasi gila-gilaan, akuisisi bernilai miliaran dollar dan sukses ‘instan’. Tetapi cerita yang lebih menarik, sebenarnya adalah tentang sulitnya membangun startup, pengalaman hampir bangkrut dan bagaimana mereka bisa bangkit kembali.

OMGPOP, pengembang aplikasi Draw Something telah membuat 35 permainan yang biasa-biasa sebelum akhirnya membuat Draw Something dan mereka hampir bangkrut tepat sebelum Zynga mengakuisisi mereka.

Angry Birds adalah game ke 52 yang dibuat oleh Rovio sebelum mereka mendapatkan sukses ‘instan’ mereka. Kaskus.com, forum online terbesar di Indonesia melalui enam tahun mereka tanpa keuntungan.

Saya hanya bisa membayangkan bagaimana ketegangan yang penuh emosional bagi mereka untuk terus bekerja keras tanpa gaji bulanan yang pasti dan kepergian para karyawan yang tidak melihat masa depan cerah di perusahaannya.

Rasa frustasi, stres dan beban yang disematkan di pundak mereka sebagian besar tidak terbayangkan. Pikiran tentang melepaskan startup yang mereka kembangkan pastinya sering terlintas di pikiran mereka ketika mereka berhadapan secara langsung dengan para rekan kerja mereka setiap hari.

Hal ini memang bukan masalah yang hanya dihadapi oleh para startup. Bagaimana dengan RIM, yang mendapatkan reputasi yang sangat negatif di antara media namun tetap percaya diri. Yahoo mengalami nasib yang sama, terutama setelah pengurangan 2.000 karyawan mereka secara global.

Dengan kondisi seperti ini, bagaimana mereka bisa terus berjalan?

Saya tidak tahu bagaimana berbagai perusahaan yang menghadapi hal di atas menghadapi situasi yang mereka hadapi, tapi bagi saya, dengan mengetahui para pemain besar juga mengalami hal yang sulit bisa membuat saya tersenyum.

Itu adalah hal yang pertama: mengetahui bahwa Anda bukanlah satu-satunya yang menghadapi masalah berat.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X