Aplikasi di iOS Lebih Menghasilkan Uang dari Android

Kompas.com - 12/06/2012, 15:26 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Meskipun sistem operasi Android mendominasi penjualan perangkat mobile global, namun para pengembang aplikasi (developer) masih menemukan banyak manfaat jika membuat aplikasi untuk iOS.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan para developer. Pertama, soal uang. Apple tercatat membayar 800 juta dollar AS untuk para developer iOS pada kuartal terakhir 2012. Sedangkan Google, hanya membayar 210 juta dollar AS sepanjang tahun 2011 kepada developer Android.

Lembaga riset aplikasi mobile Flurry, mencatat, jika sebuah aplikasi di iOS dan Android memiliki jumlah pengguna yang sama, maka developer mendapat 1 dollar AS dari Apple dan 0,23 dollar AS dari Google.

Berdasarkan perbandingan keuntungan ini, tak heran jika developer lebih memilih untuk membuat aplikasi di iOS.

Faktor kedua yang membuat developer mengutamakan iOS, karena sistem operasi dan hardware perangkatnya tidak banyak terpecah-pecah seperti Android. Menurut lembaga riset OpenSignal, saat ini Android berjalan di 1.363 model perangkat dari 599 merek yang berbeda.

Data dari Google menyebut, 65% dari perangkat Android masih berjalan dengan sistem operasi lawas, Android 2.3 (Gingerbread). Hanya 7% perangkat yang berjalan dengan Android versi terkini 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Bandingkan dengan pengguna perangkat mobile Apple, yang terbilang rajin melakukan update sistem operasi. Lembaga riset Train Times mencatat, ada 86,2% iPhone dan iPod Touch yang telah menggunakan versi terbaru iOS 5, 12% berjalan dengan iOS 4, dan 1,7% dengan iOS 3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktor terakhir, pengguna Apple cenderung rela mengeluarkan uang demi sebuah aplikasi berbayar yang ia butuhkan. Sementara pengguna Android, cenderung tidak mau membeli aplikasi. Hal ini jelas tidak menguntungkan bagi para developer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.